Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday 23 September 2015

PENGERTIAN AKUNTANSI, BIAYA DAN AKUNTANSI BIAYA

loading...

PENGERTIAN AKUNTANSI, BIAYA DAN AKUNTANSI BIAYA
Nah pada kesempatan kali ini Ahli Artikel akan membagikan artikel yang berjudul Pengertian Akuntansi, Biaya Dan Akuntansi Biaya. Silahkan simak artikel penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Akuntansi, Biaya Dan Akuntansi Biaya
Akuntansi biaya adalah salah satu dari beberapa bidang ilmu akuntansi. Untuk lebih memahami apa itu akuntansi biaya dan pengertiannya, ada baiknya jika kita memahami pengertian dari akuntansi dan biaya itu sendiri.

Akuntansi merupakan suatu aktivitas khusus ekonomi untuk mengidentifikasi, mengukur, mengklasifikasikan, mencatat, dan mengolah data transaksi keuangan untuk dijadikan laporan keuangan. Secara sederhana akuntansi dapat diartikan sebagai suatu alat bantu dalam menyajikan suatu informasi untuk memudahkan proses evaluasi suatu kegiatan ekonomi.

Biaya adalah harga atau nilai yang harus kita bayar untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu yang kita inginkan manfaatnya.

 Dari pengertian akuntansi dan biaya di atas, dapat di simpulkan bahwa akuntansi biaya adalah suatu aktivitas ekonomi yang diperuntukkan bagi proses pencatatan, pelacakan, pengolahan, pengukuran, dan pengklasifikasian data transaksi keuangan dengan tujuan untuk menganalisa biaya-biaya yang berhubungan dengan suatu aktivitas ekonomi suatu organisasi atau perusahaan dalam menghasilkan suatu produk barang ataupun jasa.

Untuk lebih memahami pengertian akuntansi biaya, mari kita simak apa pendapat para ahli mengenai pengertian akuntansi biaya di bawah ini:

Pengertian Akuntansi Biaya menurut R.A. Supriyono, adalah alat manajemen untuk memantau dan merekam suatu transaksi biaya secara sistematis, dan menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Pengertian Akuntansi Biaya menurut Mulyadi adalah, suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya dalam hal pembuatan dan penjualan suatu produk jasa dengan beberapa cara tertentu serta penafsiran terhadapnya.

Pengertian Akuntansi Biaya menurut Abdul Halim adalah, suatu proses akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok dari suatu produk yang diproduksi atau yang dijual baik untuk memenuhi pesanan maupun untuk menyediakan stok barang dagangan yang akan dijual.

Dari beberapa pendapat tentang pengertian akuntansi biaya di atas dapat kita simpulkan bahwa akuntansi biaya adalah penentuan suatu harga pokok produk yang didapatkan dengan cara melakukan proses pencatatan, penggolongan dan penyajian suatu transaksi biaya secara sistematis dan menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.

Begitulah penjelasan artikel yang berjudul Pengertian Akuntansi, Biaya Dan Akuntansi Biaya. Semoga bisa bermanfaat. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

Pengertian Akuntansi, Biaya Dan Akuntansi Biaya
Gambar tentang Pengertian Akuntansi, Biaya Dan Akuntansi Biaya


loading...
PENGERTIAN AKUNTANSI, BIAYA DAN AKUNTANSI BIAYA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown