Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 30 July 2015

Apa Pengertian Ikan Itu?

loading...

Apa Pengertian Ikan Itu?
Pada kesempan kali ini Ahli Artikel akan memberikan bahan bacaan yang akan menambah wawasan kalian mengenai Apa Pengertian ikan itu. Nah, tanpa perlu berlama-lama mari kita simak artikel yang berjudul Apa Pengertian Ikan Itu, di bawah ini.

Apa Pengertian Ikan Itu?
Apa Pengertian Ikan Itu| Menurut batasan para ilmuwan, ikan adalah vertebrata air yang berdarah dingin. Ini berarti suhu darahnya sesuai dengan suhu lingkungannya, hidupnya di air, dan mempunyai tulang belakang. Kebanyakan jenis ikan bernapas dengan insang, berbiak dengan bertelur, dan tubuhnya dilapisi dengan sisik pelindung.

Kulit ikan terdiri atas dua lapisan: epidermis di bagian luar dan dermis di bawahnya. Mukus (lendir), yang dihasilkan oleh kelenjar epidermis, melindungi kulit terhadap jamur dan bekteri. Sisik merupakan perlindungan lebih keras yang terbuat dari tulang bening yang tertanam di dermis. Seperti lingkaran pohon, sisik ikan merupakan petunjuk umur dan pertumbuhan.

Dengan beberapa ciri tubuhnya, ikan sangat sesuai dengan kehidupan di air. Ikan telah berkembang dengan rangka yang ringan dan lentur dan tubuhnya hampir tanpa bobot di dalam air. Pada rangka ini melekatlah otot-otot kuat, seperti otot ikan kerapu.  Otot itulah yang menggerakkan ikan di dalam air. Sirip, yakni struktur mirip sayap di punggung, dada, perut, atau ekor berfungsi sebagai kemudi, kendali, atau dayung. Organ dalam ikan, antara lain gelembung renang yang sangat penting, terdapat di dalam rongga badan di bawah kolom tulang belakang.

Tiga jenis utama ikan:
1. Ikan tak berahang, yang mencakup belut dan pasuk, adalah vertebrata primitif yang masih hidup.
2. Ikan bertulang rawan, yang meliputi hiu, pari, dan hiu kelinci memiliki rangka yang terbuat dari tulang rawa, bukan tulang sejati.
3. Ikan bertulang keras, yaitu kelas terbesar dalam kelompok vertebrata, memiliki rangka tulang keras. Kebanyakan ikan ini bersisik.

Semoga artikel yang berjudul apa pengertian ikan ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .  



Pengertian ikan
Gambar tentang pengertian ikan

loading...
Apa Pengertian Ikan Itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown