Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Saturday 15 August 2015

Apa ikan bermata empat itu?

loading...


Apa ikan bermata empat itu| Di permukaan sungai air tawar di Amerika Tengah dan Amerika Selatan terdapat mahluk aneh yang disebut ikan bermata empat. Kerabat ikan gupi yang panjangnya 25 sentimeter ini tampaknya mempunyai empat mata, yang satu di atas yang lain di kedua sisi kepala. Sebetulnya ikan itu hanya mempunyai dua mata, tetapi masing-masing terbagi menjadi bagian atas dan bagian bawah. Kalau ikan itu berenang tepat di bawah permukaan, bagian atas matanya menonjol tepat di atas air, untuk mencari mangsa di udara. Sementara itu, bagian bawahnya tetap terbenam, sambil mengawasi air untuk melihat makanan dan pemangsa. Kemampuan menakjubkan ini berkat lensa mata yang secara khusus disesuaikan bagi penglihatan bifokal sehingga ikan bermata empat dapat memfokus secara jelas pada benda baik yang berada di alam udara, maupun di dunia dalam air.

Cahaya yang memasuki bagian lensa untuk udara mengenai retina bagian bawah; cahaya dari air menerpa retina atas.

Berbagai jenis ikan yang mampu melihat di udara dan di air
Berbagai jenis ikan yang mampu melihat di udara dan di air- Karena cahaya dibelokkan secera berbeda, di udara dan di air, manusia tidak dapat melihat dengan jelas di dalam air sedangkan beberapa ikan tidak dapat melihat dengan baik di udara.

Namun, jenis ikan torani dan ikan gulma merupakan pengecualian. Keduanya dapat hidup cukup lama di luar air dan oleh karena itu telah mengembangkan lensa khusus yang memungkinkan keduanya melihat di udara maupun di dalam air. Ikan torani, misalnya, mempunyai lensa yang rata seperti kaca jendela sehingga ikan ini dapat melihat bila melompat dari air. Ikan gulma, yang suka bertengker di atas karang terbuka di Kepulauan Galapagos, melihat melalui kornea berbentuk prisma yang permukaan datarnya menghadap ke depan dan ke belakang.

Semoga artikel tentang Apa ikan bermata empat ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . . . 

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Ikan bermata empat
Gambar tentang Apa ikan bermata empat itu

loading...
Apa ikan bermata empat itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown