Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Saturday 15 August 2015

Apakah Ikan Memiliki Telinga?

loading...


Apakah Ikan Memiliki Telinga| Telinga ikan mirip telinga-dalam manusia dan tak terlihat dari luar karena terletak di dalam tengkorak. Telinga itu mendeteksi bunyi dan menjaga keseimbangan ikan serta mengarahkannya di dunia dalam air yang berdimensi tiga. Telinga juga membantu ikan merasakan perubahan kecepatan dan arah sewaktu berenang.

Telinga- dalam ikan meliputi tiga saluran melingkar yang peka terhadap perubahan tekanan. Di pangkal saluran ini terdapat otolit, yaitu tulang keras seperti kerikil yang lebih padat daripada bagian ikan lainnya dan yang terapung dalam cairan. Bila gelombang bunyi menerpa ikan, seluruh tubuh ikan bergoyang-goyang, sedangkan otolit yang relatif berat itu terhanyut dalam cairan dengan laju yang lebih lambat daripada ikan. Hanyutan ini menyebabkan otolit menyentuh sel rambut indra yang selanjutnya mengirimkan impuls listrik ke bagian pendengaran dalam otak ikan itu.

Beberapa jenis ikan juga menggunakan gelembung renang untuk mendengar. Gelembung itu merasakan perubahan tekanan yang disebabkan oleh gerakan dalam air. kemudian, dengan getaran, gelembung itu meneruskan perubahan tadi ke telinga melalui rangkaian tulang kecil yang disebut tulang Weber.

Pengindra bunyi ikan yang istimewa
Pengindra bunyi ikan yang istimewa- Ikan minow, lele, karper, dan beberapa ikan yang sekerabat, mendengar bunyi melalui getaran gelembung udara yang terdapat tepat di belakang kepala. Organ mirip balon yang disebut gelembung renang ini berhubungan dengan sistem pendengaran lewat serangkaian tulang kecil yang disebut tulang Weber. Bila gelombang bunyi merambat di air dan menerpa ikan, gelembung itu bergetar. Gelembung renang menguatkan getaran, yang kemudian diteruskan oleh tulang Weber ke telinga bagian dalam.

Pada ikan seperti ikan drum, lele, dan sebagainya, gelembung renang merupakan sumber bunyi: dengan menggetarkan jaringan di sekitar gelembung renang, ikan dapat berkomunikasi dengan ikan lainnya di dekatnya. 

Bunyi dan gurat sisi ikan
Bunyi dan gurat sisi ikan| Gurat sisi, yaitu organ indra ketiga yang merupakan komponen sistem pendengaran, terdapat hampir di sepanjang tubuh ikan. Gurat sisi berupa sistem rumit terdiri atas rambut peka yang tertanam dalam sumuran atau kanal yang penuh cairan. Alat ini dapat mendeteksi gangguan sekecil apa pun di air sekitarnya. Gurat sisi dengan tepat menentukan arah gangguan itu, dan memberi peringatan kalau ikan hampir menabrak karang atau benda lain.

Apabila  dibelokkan oleh gerakan air, rambut-rambut dalam gurat sisi mengirimkan impuls ke otak ikan untuk memberitahukan arah mana rambut itu menekuk. Sinyal ini ternyata bermanfaat terutama untuk membantu ikan menemukan mangsa atau berenang dalam kawanan secara terkoordinasi bersama ikan lain.

Semoga artikel tentang apakah ikan meiliki telinga ini bisa menambah pundi-pundi pengetahuan teman pembaca. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

organ telinga ikan
Gambar tentang Apakah Ikan Memiliki Telinga

loading...
Apakah Ikan Memiliki Telinga? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown