Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Saturday 15 August 2015

Apa ikan listrik itu?

loading...


Apa ikan listrik itu| Baik belut listrik Amerika Selatan maupun lele listrik dari Afrika mengejutkan mangsanya dengan sengatan listrik yang ditimbulkan oleh organ listrik khusus. Ada pula jenis ikan lain yang menggunakan listrik untuk menemukan dan menangkap mangsa, meskipun tidak dengan cara yang begitu dramatis. Binatang ini juga menghasilkan denyut listrik kuat yang membantunya mendeteksi dan mengusir pemangsa.

Ikan air tawar Afrika yang disebut mormirid, atau ikan gajah, mengaktifkan saluran berisi gelatin di tubuhnya untuk menciptakan medan listrik di air sekelilingnya. Kalau ikan lain masuk daerah ini, akan terjadilah golakan sehingga mormirid dapat mengetahui ukuran serta letak ikan yang masuk itu. Berdasarkan informasi ini, mormirid akan mengikuti atau menjauhi pendatang itu. Benda mati di dalam air juga mengacaukan medan listrik itu sehingga ikan dapat menggunakan medan listriknya untuk mencari jalan di dalam air.

Rasa aman di dalam air ikan listrik Afrika
Rasa aman di dalam air ikan listrik Afrika- Ikan listrik Afrika menghasilkan medan listrik yang sama kuat ke segala arah di sekeliling tubuhnya. Seperti sirene bahaya dalam air, setiap gangguan medan tersebut memberi tahu ikan tentang adanya mahluk lain yang mendekat
.
Benda yang sifat hantaran listriknya kecil atau tidak ada sama sekali tidak akan membengkokkan medan listrik ikan itu. Oleh karena itu, benda-benda tersebut tidak diperhatikan oleh ikan.

Ikan yang lebih mudah menghantarkan listrik daripada air di sekelilingnya akan mengganggu medan listrik itu. Karena merasa ada pelanggar wilayah, ikan listrik akan bergerak mendekati atau menjauhi ikan tadi.

Sengat listrik ikan listrik
Sengat listrik ikan listrik| Belut listrik dan lele listrik dapat menghasilkan voltase listrik cukup besar untuk membuat ikan lain pingsan. Seekor belut listrik dapat menghimpun muatan listrik sekitar 600 volt: cukup untuk menyengat mangsa yang bergerak cepat sekalipun. Lele listrik memiliki daya yang sama; nelayan yang menangkapnya dalam jala dapat merasakan sengatan listrik yang membuat tangan mati rasa. Cerita dari nelayan ini mendorong munculnya kepercayaan kuno bahwa Tuhan melindungi lele yang tertangkap di jaring.

Sekian pembahasan artikel tentang Apa ikan listrik itu, semoga bisa bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Ikan listrik afrika
Gambar tentang Apa ikan listrik itu

loading...
Apa ikan listrik itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown