Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Sunday 16 August 2015

Bagaimana ikan pesut dapat menemukan arah di air keruh?

loading...


Bagaimana ikan pesut dapat menemukan arah di air keruh| Karena hidup di air yang keruh oleh lumpur, ikan pesut telah mengembangkan sistem sonar yang dapat digunakan untuk mengindra, berburu, dan menangkap mangsa tanpa pernah melihatnya. Untuk mencari makan, ikan pesut mengirimkan rentetan bunyi ceklekan yang menerobos air keruh di sekelilingnya dan kemudian mendengarkan gemanya yang kembali. Kalau salah satu gelombang bunyi itu menerpa seekor ikan, gelombang itu terpantul ke rahang atas ikan pesut yang berbentuk sabit. Perubahan frekuensi dan selang waktu gema menuntun pesut itu menuju sasarannya.

Renang gaya samping ikan pesut
Renang gaya samping ikan pesut| Ikan pesut sungai Gangga di India kadang-kadang berenang miring. Dengan posisi aneh ini ikan pesut yang hampir buta itu dapat menemukan arah; ikan itu meraba dasar sungai dengan salah satu sirip dada sambil mengindra cahaya permukaan dengan mata di sisi lain.

Dalam masa adaptasinya selama  jutaan tahun terhadap lingkungannya yang gelap itu, ikan pesut Sungai Gangga telah kehilangan lensa mata kristalnya yang dapat digunakan untuk memfokuskan citra. Namun, binatang itu mampu membedakan antara terang dan gelap.

Jenis-jenis ikan pesut
Jenis-jenis ikan pesut- Kelima jenis ikan pesut yang telah dikenali hidup di sungai berlumpur di Asia dan Amerika Selatan. Bila dibandingan dengan kerabatnya di air asin-yakni lumba-lumba dan paus-ikan pesut mempunyai anatomi yang agak primitif.

Karena hidup dekat manusia, ikan pesut terutama terancam oleh gangguan karena pembangunan. Binatang itu kadang kala bahkan diburu. Kecendrungan semacam itu mengancam kelestarian hidup ikan pesut atau lumba-lumba air tawar ini.

Demikianlah artikel tentang Bagaimana ikan pesut dapat menemukan arah di air keruh ini semoga bisa menambah pundi-pundi ilmu kalian. . . . .

SELAMAT BELAJAR. . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE


ikan pesut menemukan mangsa
Gambar tentang Bagaimana ikan pesut dapat menemukan arah di air keruh

loading...
Bagaimana ikan pesut dapat menemukan arah di air keruh? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown