Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Saturday 22 August 2015

Dapatkah siput menyerang ikan?

loading...



Apakah kalian pernah melihat Siput? Jika kalian pernah melihat siput, kalian pasti beranggapan bahwa mahluk yang bergerak dengan sangat lambat itu tidak akan mampu untuk melukai mahluk lain. Namun, untuk bertahan hidup, siput juga membutuhkan makanan. Nah, artikel kali ini berjudul Dapatkah siput menyerang ikan yang dibagikan kali ini akan menjelaskan bagaimana siput yang bergerak dengan sangat lambat itu, bisa memperoleh makanannya. Check this below.

Dapatkah siput menyerang ikan?
Dapatkah siput menyerang ikan| Binatang mirip bekicot yang disebut dengan siput dengkek tidak dapat mengejar mangsanya karena jalannya sangat lamban. Siput ini menusukkan gigi berbisa ke tubuh ikan, cacing, dan siput lain yang lewat di dekatnya. Bisa yang sangat ampuh itu akan melumpuhkan mangsanya dalam beberapa detik sehingga siput dengkek memperoleh kesempatan untuk mengejar dan memakan korbannya yang sudah sangat tidak berdaya karena bisa racun tersebut. Beberapa jenis siput dengkek, terutama yang tinggal di Samudra Pasifik bagian selatan, mempunyai bisa yang begitu kuat sehingga dapat menewaskan manusia dalam empat jam saja.
Seperti siput, siput dengkek merayap menjelajahi lingkungannya dengan satu kaki otot tunggal. Sepasang mata dan dua antena membantunya menemukan mangsa. Organ pernapasannya disebut sifon. Bagian lain binatang ini tersembunyi dalam cangkangnya yang panjang.
Bagian dalam siput dengkek berbisa
Bagian dalam siput dengkek berbisa| Siput dengkek mengejutkan mangsanya dengan duri khusus yang disebut gigi radula yang berfungsi sebagai anak busur berbisa. Sewaktu bersiap-siap untuk menyerang, siput itu memanjangkan belalainya yang sangat lincah dan panjang itu. Gerakan ini menyebabkan satu gigi radula terlepas dari lengan panjang dan terpasang pada belalai. Sementara itu, gigi tadi diisi dengan bisa saraf yang sangat mematikan yang dihasilkan di kantong bisa. Ketika ujung gigi yang beruit itu tertancap ke mangsanya, bisanya memasuki mahluk itu dan dengan cepat melumpuhkannya. Pada siput dengkek yang menyerang siput lain, gigi radula itu lepas dari belalai setelah memasuki tubuh korbannya. Sebaliknya pada siput dengkek yang memakan ikan, gigi itu tetap melekat pada sebuah ligamen, seperti harpun.

Demikian dulu artikel yang membahas tentang Dapatkah siput menyerang ikan ini, semoga bisa bermanfaat. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .
SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE 
Siput menyerang ikan
Gambar tentang Dapatkah siput menyerang ikan

loading...
Dapatkah siput menyerang ikan? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown