Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday 21 August 2015

Apa makanan ikan paus biru?

loading...

Apa makanan ikan paus biru?
Sekarang, saatnya Ahli Artikel untuk membagikan suatu artikel yang akan menambah wawasan kalian tentang Apa makanan ikan paus biru. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan di simak artikel yang berjudul Apa makanan ikan paus biru di bawah ini.

Apa Makanan Ikan Paus Biru
Apa Makanan Ikan Paus Biru| Dengan panjang 30 meter dari kepala ke ekor dan berbobot sampai 130 ton, ikan paus biru merupakan binatang terbesar di dunia. Namun, ikan paus biru ini hidup hanya dengan memakan organisme yang berukuran sangat kecil seperti krustasea yang menyerupai udang yang disebut kril dimana ukuran panjang kril ini hanya sekitar 6,5 sentimeter.

Ikan paus biru dapat menghabiskan sekitar 7,25 ton kril dalam satu hari. Kebutuhan makanan yang sebesar itu memerlukan dua ciri khas yang istimewa. Yang pertama adalah balin, yaitu lempeng tulang berjumbai yang terletak di rahang atas. Lempeng tulang berjumbai itu dapat menapis kril tetapi meloloskan air. Ciri khas yang kedua adalah rangkaian alur sejajar yang menjulur dari rahang bawah paus hingga pusarnya. Dengan alur sebanyak kira-kira 60 baris itu, ikan paus biru dapat mengembangkan mulutnya hingga ikan paus biru dapat menelan 6.500 liter air serta kril dalam sekali teguk.

Saringan ikan paus biru yang efisien
Saringan ikan paus biru yang efisien| Lempengan balin ikan paus biru, yang menyerupai sikat pendek tebal, terbentang sepanjang rahang atasnya. Lempengan ini berfungsi seperti tapis insang pada ikan pemakan plankton. Setelah mencaplok sekelompok kril, ikan paus biru mendorong lidahnya yang sangat kekar ke langit-langit mulut. Bersamaan dengan itu, mulutnya yang merenggang dirapatkan. Kedua tindakan ini akan memaksa air melewati lempeng-lempeng balin dan keluar dari samping mulut. Setelah itu, ikan paus biru ini kemudian menelan kril yang telah ditapis oleh balin tadi.

Sekianlah pembahasan artikel mengenai  Apa makanan ikan paus biru ini. Semoga bisa bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Ikan paus yang memakan Kril
Gambar tentang Apa makanan ikan paus biru

loading...
Apa makanan ikan paus biru? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown