Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 6 August 2015

Mengapa ada ikan yang bercahaya?

loading...

MENGAPA ADA IKAN YANG BERCAHAYA?
Halo, sahabat pembaca setia Ahli Artikel. Siapa diantara kalian yang punya hobi menyelam?  Jika kalian menyelam pada malam hari, pernahkah kalian melihat ada ikan yang bercahaya? Bagi kalian yang pernah melihat ikan yang bercahaya, pastilah sangat senang karena melihat pemandangan yang sangat indah di bawah air. Namun, apakah kalian sudah mengetahui Mengapa Ada Ikan Yang Bercahaya? Artikel yang berjudul Mengapa Ada Ikan Yang Bercahaya ini, akan menjawab pertanyaan kalian. Silahkan di baca artikel yang berjudul Mengapa Ada Ikan Yang Bercahaya di bawah ini.

Mengapa Ada Ikan Yang Bercahaya
Mengapa Ada Ikan Yang Bercahaya| Di perairan temaram pada kedalaman 300 meter di bawah permukaan, samudra tampak gemerlap oleh mahluk bercahaya. Kira-kira 95 persen dari binatang yang menghuni wilayah ini memancarkan cahaya merah, hijau, biru, ungu, atau putih dari organ yang disebut fotofor. Suar-suar kecil ini menandakan adanya bahaya, memikat mangsa, atau mengundang pasangan kawin. Fotofor pada jenis seperti ikan lentera dapat bercahaya, artinya fotofor itu membangkitkan cahaya dengan mengeluarkan zat pemancar cahaya yang disebut lusiferin. Jenis lain, seperti ikan penyapu ramping, memperoleh lusiferin dari krustasea bercahaya yang dimangsanya. Ikan lain lagi, misalnya mata lentera, dapat becahaya karena dalam fotofornya hiduplah bakteri yang bercahaya.

Beberapa ikan yang bisa bercahaya:
1. Ikan lampu perut, pada ikan lampu perut atau ikan lentera dapat bercahaya karena triliunan bakteri kecil yang hidup di dalamnya dan memakan darah ikan inangnya itu. Sewaktu makan, bakteri itu akan memancarkan cahaya cerah.
2. Ikan penyapu ramping, bercahaya karena memakan krustasea yang berpendar, di antaranya adalah udang benih yang amat kecil, panjangnya hanya 3 milimeter dan udang benih ini dapat memancarkan cahaya biru.
3. Ikan sungut gada hantu, ikan ini dapat memancarkan cahaya karena bahan kimia yang terdapat pada fotofornya dimana fotofor tersebut dapat  membangkitkan cahaya yang dipancarkan ke air di sekitarnya. Ikan sungut gada hantu ini menangkap dan memangsa ikan yang terpikat dan mengikuti cahaya menuju sumbernya.

Semoga artikel tentang Mengapa ada ikan yang bercahaya  ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .  

 
ikan yang bercahaya 
Gambar tentang Mengapa ada ikan yang bercahaya

loading...
Mengapa ada ikan yang bercahaya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown