Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Sunday 6 September 2015

PENGERTIAN ILMU

loading...


Pengertian Ilmu| Jika kita berbicara masalah ilmu, tentu akan ada banyak sekali argumen yang dapat  menyimpulkan apa pengertian ilmu itu. Nah, pada kesempatan kali ini ahli artikel akan memberikan artikel yang membahas tentang apa pengertian ilmu dari berbagai pendapat dan sumber yang terpercaya. Check this out. . . .

Pengertian ilmu menurut bahasa dan istilah
Pengertian ilmu menurut bahasa dan istilah
|Sebelum mengetahui apa pengertian ilmu, ada baiknya kita menelusuri asal kata ilmu itu sendiri. Kata ilmu, merupakan kata serapan dari bahasa Arab (ilm) yang berarti mengerti, mengetahui, atau memahami. Sedangkan pengertian ilmu menurut istilah, ialah pengetahuan yang bersifat ilmiah atau sistematis.
Nah, itulah pengertian ilmu menurut bahasa dan istilah, sedangkan pengertian ilmu menurut para ahli bisa anda simak di bawah ini. . . 

Pengertian ilmu menurut para ahli
Pengertian ilmu menurut para ahli
, diuraikan di bawah ini:
1.    Pengertian ilmu menurut Prof. Prajudi ialah, ilmu harus memiliki terminologi, metodologi, filosofis, teori yang khas, serta harus ada objeknya.

2.    Pengertian ilmu menurut Prof. Nawawi adalah, ilmu harus memiliki, metode, sistematika, objek dan harus bersifat universal.

3.    Pengertian ilmu menurut Drs. Muhammad Hatta yaitu, ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang pekerjaan hukum kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, ataupun menurut kedudukannya yang tampak dari luar, begitupun menurut bangunnya dari dalam.

4.    Pengertian ilmu menurut Prof. Van Poelje sebagai berikut, Ilmu merupakan tiap kesatuan pengetahuan. Masing –masing bergantungan satu sama lain dan teratur secara pasti menurut suatu asas-asas tertentu.
5.    Pengertian ilmu menurut The Liang Gie adalah, ilmu sebagai sekumpulan pengetahuan teratur yang menjelaskan suatu sasaran tertentu dengan pemusatan perhatian pada satu atau beberapa masalah yang tedapat pada sasaran itu untuk memperoleh keterangan-keterangan yang mengandung kebenaran.
6.    Pengertian ilmu menurut Drs. S. Abu Bakar yaitu, ilmu adalah suatu pendapat atau buah pikiran yang ilmiah, yaitu pendapat atau buah pikiran yang memenuhi syarat-syarat ilmu pengetahuan terhadap suatu bidang masalah tertentu.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai pengertian ilmu ini. Semoga setelah membaca artikel in, para pembaca bisa mengetahui apa pengertian ilmu itu. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . 
Sumber: Buku Ilmu Administrasi Publik, oleh Inu Kencana Syafiie-Djamaludin Tandjung-Supardan Modeong, Rineka CIPTA (1999)

Pengertian ilmu
Gambar tentang Pengertian Ilmu

loading...
PENGERTIAN ILMU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown