Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 14 September 2015

PENGERTIAN NEGARA

loading...

PENGERTIAN NEGARA
Nah, sekarang Ahli Artikel akan membagikan artikel yang membahas tentang Pengertian Negara. Sebenarnya apa sih pengertian Negara itu? Saya yakin para pembaca pasti belum ada yang tahu apa pengertian negara itu. Karena jika para pembaca sudah tahu apa pengertian negara, sudah pasti kalian tidak akan membaca artikel ini. Right? Heheheh. . . .

Oke, tanpa perlu berlama-lama lagi silahkan baca artikel dibawah untuk mengetahui apa pengertian negara itu. Selamat membaca. . . .

Pengertian Negara
Pengertian Negara| Sebelum kita membahas apa pengertian negara, rasanya tidak lengkap jika kita tidak mengetahui asal dari kata “Negara”. Kata negara merupakan terjemahan dari kata state (Bahasa Inggris), kata staat (Bahasa Jerman dan Belanda), dan kata etat (Bahasa Perancis). Asal dari semua kata tersebut adalah kata status dan statum (Bahasa Latin) yang memiliki arti suatu keadaan yang tegak dan tetap atau sesuatu yang mempunyai sifat yang tegak dan tetap. Nah, kalau di Negara Indonesia kita ini, kata negara berasal dari bahasa sansekerta yaitu nagari yang berarti wilayah atau penguasa.

Pengertian Negara Menurut Para Ahli
-    Pengertian Negara oleh Aristoteles: Negara adalah persekutuan daripada keluarga dan desa guna memperoleh hidup yang sebaik-baiknya.

-    Pengertian Negara menurut Leon Duguit: Negara adalah kekuasaan orang-orang yang kuat, yang memerintah orang yang lemah, dan kekuasaan orang-orang yang kuat tersebut, diperoleh dari faktor-faktor politik.

-    Pengertian Negara menurut Prof. Sumantri: Negara adalah suatu organisasi kekuasaan oleh karenanya dalam setiap organisasi yang bernama negara selalu kita jumpai adanya orang yang mempunyai kemampuan dalam memaksakan kehendaknya kepada siapapun juga yang bertempat tinggal di dalam wilayah kekuasaannya.

-    Pengertian Negara oleh Herman Finer: Negara adalah organisasi kewilayahan yang bergerak di bidang kemasyarakatan dan kepentingan perseorangan dari segenap kehidupan yang multi dimensional untuk pengawasan pemerintahan dengan legalitas kekuasaan tertinggi (kedaulatan yang sah).

-    Pengertian Negara menurut Prof. Djokosoetono: Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia-manusia yang berada di bawah suatu pemerintah yang sama.

-    Pengertian Negara menurut Prof. Logemann: Negara adalah suatu organisasi kekuasaan (yang penuh kewibawaan).

-    Pengertian Negara oleh Hans Kelsen: Negara adalah suatu pergaulan hidup bersama dengan tata paksa.

-    Pengertian Negara oleh Roger H. Soltau: Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur, dan mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat.

-    Pengertian Negara menurut Max Weber: Negara adalah suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.

-    Pengertian Negara oleh M. Nasroen: Negara merupakan salah satu alat yang penting, yang diadakan oleh dan berada di tangan manusia.

Dari beberapa pengertian negara menurut para ahli di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa negara adalah suatu kelompok, alat, organisasi, persekutuan, kelembagaan, dan sistem politik dari suatu rakyat atau keluarga, yang terdiri dari orang-orang yang kuat maupun orang-orang yang lemah, dan merupakan susunan kekuasaan yang memiliki kewibawaan, monopoli, hukum, kepemimpinan, bahkan sistem pemaksaan, dengan harapan memperoleh keabsahan atau pengakuan dari dalam maupun dari luar negara, dan bertujuan untuk mewujudkan keamanan, ketertiban, kesejahteraan, kelangsungan hidup, serta cita-cita bersama.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Pengertian Negara, semoga dengan membaca artikel ini para pembaca bisa memahami apa pengertian negara itu.
SELAMAT BELAJAR. . . .

Sumber: Buku Ilmu Administrasi Publik, oleh Inu Kencana Syafiie-Djamaludin Tandjung-Supardan Modeong, Rineka CIPTA (1999)

Pengertian Negara
Gambar tentang Pengertian Negara

loading...
PENGERTIAN NEGARA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown