Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday 4 September 2015

Pengertian Pengetahuan

loading...


Pada kesempatan kali ini, izinkan ahli artikel untuk membahas sebuah artikel yang berjudul Pengertian Pengetahuan. Yup, pengetahuan. Mungkin beberapa diantara pembaca akan bertanya untuk apa kita repot-repot membahas apa pengertian pengetahuan. Sementara, ahli artikel yakin para pembaca pasti sudah memahami secara alami apa pengertian pengetahuan, bahkan banyak diantara pembaca yang sering mengucapkan kata pengetahuan tanpa ragu-ragu. Hal ini karena mungkin, para pembaca sudah memahami di luar kepala apa pengertian pengetahuan itu. Tapi apakah pendapat kalian semua tentang pengertian pengetahuan sama? Definitely not.

So, untuk menyatukan pendapat mengenai apa pengertian pengetahuan, silahkan simak pembahasan artikel di bawah ini.

Pengertian Pengetahuan
Pengertian Pengetahuan| Pengetahuan merupakan sebuah “alat” yang bisa digunakan. Pengetahuan biasanya berupa “hasil” dari rasa ingin tahu manusia, sehingga mereka akan menggunakan akalnya untuk mempelajari, mengenali, meneliti, bahkan mencari informasi melalui indera mereka sebagai bentuk upaya untuk mengetahui jawaban dari rasa ingin tahu mereka. Misalnya, seorang anak yang selalu penasaran, untuk pertama kalinya mencicipi gula. Dengan indera perasa, akal, dan informasi yang dia dapatkan akhirnya dia bisa menjawab rasa penasarannya bahwa gula itu rasanya manis. Itu salah satu contoh kecil bagaimana seorang anak kecil memperoleh pengetahuan bahwa gula itu manis.

Nah, pembahasan di atas adalah satu diantara banyak pendapat tentang pengertian pengetahuan. Bagaimana dengan pendapat para ahli? Simak pembahasannya di bawah ini, check this out.

Pengertian pengetahuan menurut para ahli
Pudjawidjana mengemukakan pengertian pengetahuan yaitu: pengetahuan merupakan hasil reaksi dari manusia atas rangsangan yang diterima olehnya dari  alam sekitarnya melalui sentuhan, objek, dan indera. Pengetahuan merupakan hasil yang terjadi setelah orang melakukan penginderaan sebuah objek tertentu.

Ngatimin berpendapat bahwa pengertian pengetahuan ialah: pengetahuan adalah sebagai ingatan atas bahan-bahan yang telah dipelajari dan mungkin ini menyangkut tentang menyatukan kembali sekumpulan bahan yang luas dari hal-hal yang terperinci oleh teori, tetapi apa yang diberikan menggunakan ingatan akan keterangan yang sesuai.

Menurut Notoatmodjo pengertian pengetahuan adalah,  hasil dari tahu dan ini setelah orang melakukan penginderaan terhadap obyek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indera manusia: yaitu; indera penglihatan, indera pendengaran, indera penciuman, serta indera perasa dan peraba. Sebagaian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga.
So, demikianlah ulasan artikel mengenai Pengertian Pengetahuan, semoga bisa bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .

Pengertian pengetahuan
Gambar tentang PENGERTIAN PENGETAHUAN

loading...
Pengertian Pengetahuan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown