Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Tuesday 15 December 2015

TEORI INKREMENTAL SEBAGAI SALAH SATU TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN

loading...

TEORI INKREMENTAL SEBAGAI SALAH SATU TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Pada kesempatan ini, Ahli Artikel akan membagikan suatu artikel yang membahas tentang Teori Inkremental Sebagai Salah Satu Teori Pengambilan Keputusan. Silahkan di baca sampai habis untu lebih memahami artikel ini.

Sebagai salah satu teori pengambilan keputusan, teori inkremental mencermikan suatu teori pengambilan keputusan yang menghindari banyak permasalahan yang membutuhkan banyak pertimbangan, dan pada saat yang bersamaan, merupakan teori yang lebih menggambarkan cara yang ditempuh oleh beberapa pejabat pemerintah dalam mengambil keputusan sehari-hari.

Unsur-unsur teori inkremental dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Pemilihan tujuan dan analisa tindakan empiris yang diperlukan untuk mencapainya, dipandang sebagai suatu hal yang saling berkaitan daripada sesuatu hal yang tidak berkaitan atau terpisah.

2. Pembuat keputusan dianggap hanya menimbang beberapa alternatif yang langsung berhubungan dengan pokok masalah, dan alternatif-alternatif ini hanya dipandang berbeda secara marginal atau inkremental bila dibandingkan dengan kebijakan yang ada sekarang.


3. Bagi setiap alternatif, hanya beberapa saja yang memiliki akibat yang paling medasar saja yang akan dievaluasi.

4. Masalah yang dihadapi oleh para pembuat keputusan akan diartikan atau didefinisikan secara teratur. Pandangan inkrementalisme memberikan kemungkinan untuk mempertimbangkan dan menyelaraskan tujuan dan sarana serta sarana dan tujuan sehingga menjadikan dampak dari masalah itu lebih bisa ditanggulangi.


5. Bahwa tidak ada keputusan atau cara pemecahan yang tepat bagi tiap masalah. Batu uji baagi keputusan yang baik terletak pada keyakinan bahwa berbagai analisis pada akhirnya akan sepakat pada keputusan tertentu, meskipun tanpa menyepakati bahwa keputusan itu adalah yang paling tepat sebagai sarana untuk mencapai tujuan.

6. Pembuatan keputusan yang inkremental pada hakikatnya bersifat sebagai perbaikan-perbaikan kecil dan hal ini lebih ditujukan untuk memperbaiki ketidaksempurnaan dari upaya-upaya konkrit dalam mengatasi masalah sosial yang sudah ada sekarang daripada sebagai upaya untuk memberikan tujuan-tujuan sosial yang sama sekali baru pada masa yang akan datang.


Seorang ahli Ekonomi dan Matematika Charles Lindblom, sangat yakin bahwa paham inkremental ini merupakan ciri khas proses pembuatan keputusan dalam masyarakat yang strukturnya majemuk, seperti Amerika Serikat. Keputusan-keputusan dan kebijakan-kebijakan pada hakikatnya merupakan suatu produk dari rasa saling memberi, menerima, dan saling percaya diantara berbagai pihak yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan tersebut. Dalam masyarakat yang strukturnya majemuk, paham inkremental ini secara politis lebih aman, karena akan lebih gampang untuk mencapai kesepakatan apabila masalah-masalah yang diperdebatkan oleh berbagai pihak yang terlibat hanyalah bersifat upaya untuk memodifikasi  program-program yang telah ada daripada jika hal tersebut yang berkaitan dengan isu-isu kebijakan mengenai perubahan-perubahan yang radikal yang memiliki sifat “0 atau 100 persen”.  Karena para pembuat keputusan itu berada dalam keadaan yang serba tidak pasti terutama pada hal-hal yang menyangkut akibat-akibat dari tindakan-tindakan mereka pada masa yang akan datang, maka keputusan yang bersifat inkremental ini dapat mengurangi resiko dan biaya yang ditimbulkan oleh suasana ketidakpastian itu. Paham inkremental ini juga cukup nyata karena ia menyadari bahwa para pembuat keputusan sebenarnya kurang pengalaman, kurang waktu dan kurang sumber-sumber lain yang diperlukan untuk melakukan analisa yang komprehensif terhadap semua alternatif yang tersedia untuk memecahkan masalah-masalah yang ada.

Orang pada dasarnya bersikap pragmatis, yakni tidak selalu berusaha untuk menemukan satu-satunya cara yang terbaik untuk mengatasi masalah, melainkan selalu berusaha menemukan cara lain untuk pemecahan masalah yang sekiranya dapat dilaksanakan. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa pandangan inkremental merupakan model pembuatan keputusan yang akan memberikan hasil yang terbatas, praktis dan dapat diterima.

Itulah tadi, penjelasan artikel mengenai Teori Inkremental Sebagai Salah Satu Teori Pengambilan Keputusan. Semoga bisa mendatangkan manfaat bagi para pembaca setia Ahli Artikel
SELAMAT BELAJAR. . . . . 

Sumber:  Buku Analisis Kebijaksanaan-Dr.Solichin Abdul Wahab, M.A.

Teori Inkremental
Gambar tentang Teori Inkremental



loading...
TEORI INKREMENTAL SEBAGAI SALAH SATU TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown