Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday 1 April 2016

PENGERTIAN DAN PENYEBAB HUJAN ASAM

loading...

PENGERTIAN DAN PENYEBAB HUJAN ASAM
Sekarang giliran artikel tentang Pengertian Dan Penyebab Hujan Asam yang akan di bagikan oleh Ahli Artikel. Silahkan di baca dan di simak baik-baik yah artikel yang berjudul Pengertian Dan Penyebab Hujan Asam ini. Selamat membaca guys. . . . .

Pengertian Dan Penyebab Hujan Asam
Pengertian Dan Penyebab Hujan Asam | Pada umunya, air yang terkandung dalam hujan tidak bersifat asam. Asam yang dimaksudkan kali ini adalah kadar pH dibawah 7,0. Jadi pengertian Hujan asam adalah hujan yang dalam tiap tetesan air hujannya memiliki kadar pH di bawah 7,0.

Sebenarnya, tanpa pencemaran udara sekali pun, karbon monoksida yang timbul secara alami di udara menyebabkan air hujan agak berasam. Namun, dalam tahun-tahun terakhir ini, pencemaran udara telah meningkat dan menjadi penyebab hujan asam dan meningkatnya keasaman salju sampai begitu parah sehingga menyebabkan jatuhnya hujan asam, menjadi ancaman bagi sejumlah organisme, mulai dari ikan hingga hutan.

Bila mobil dan pabrik membakar bahan bakar fosil, berbagai bahan pencemar seperti belerang dan nitrogen oksida, senyawa halogen, dan berbagai hidrokarbon lepas ke lapisan atmosfer. Bahan pencemar ini bereaksi denga uap di udara menjadi bahan yang memiliki tingkat keasaman yang kuat, seperti asam belerang, asam nitrat, dan asam hidroklorat. Tetes hujan dan butiran salju kemudian mengantarkan berbagai asam ini ke sungai, danau, dan hutan sehingga tanah dan perairan itu tak bisa dihuni oleh mahluk hidup.

Penyebab Hujan Asam
Penyebab Hujan Asam – Konsumsi bahan bakar fosil di dunia berlipat ganda menjadi berkali-kali lipat dan terus meningkat hingga saat ini. Hasil dari pembakaran bahan-bahan ini dalam industri dan mobil bercampur dengan uap air dan oksigen pada atmosfer dan membentuk asam nitrat beserta asam belerang. Jika larut dalam hujan, maka asam-asam ini akan ikut jatuh ke tanah dan akan menimbulkan akibat seperti rusaknya hutan, tanaman pangan, dan berbagai organisme yang hidup di dalam air tawar.

Itulah tadi artikel yang memaparkan tentang Pengertian Dan Penyebab Hujan Asam. Semoga setelah membaca artikel ini para sobat Ahli Artikel bisa mengurangi faktor-faktor yang menjadi penyebab hujan asam, mengingat dampak hujan asam yang sangat buruk bagi kehidupan.
SELAMAT BELAJAR. . . 


SUMBER: BUKU CUACA DAN IKLIM-HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Pengertian Dan Penyebab Hujan Asam
Gambar tentang Pengertian Dan Penyebab Hujan Asam




loading...
PENGERTIAN DAN PENYEBAB HUJAN ASAM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown