Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 30 May 2016

PENDEKATAN PENELITIAN DAN BEBERAPA JENIS PENDEKATAN PENELITIAN

loading...

PENDEKATAN PENELITIAN DAN BEBERAPA JENIS PENDEKATAN PENELITIAN
Apa kabar teman-teman pembaca setia Ahli Artikel? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja. Nah, kali ini akan dibagikan suatu artikel yang akan menambah wawasan kalian mengenai pendekatan penelitian. Artikel ini berjudul Pendekatan Penelitian Dan Beberapa Jenis Pendekatan Penelitian. Yuk, langsung saja di baca penjelasan artikel mengenai Pendekatan Penelitian Dan Beberapa Jenis Pendekatan Penelitian di bawah ini.

Pendekatan Penelitian Dan Beberapa Jenis Pendekatan Penelitian
Pendekatan Penelitian Dan Beberapa Jenis Pendekatan Penelitian|  Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya diperlukan penelitian terhadap suatu masalah dengan tujuan untuk menemukan solusi atas masalah-masalah yang terjadi di sekitar kita. Dalam penelitian, biasanya dilakukan suatu pendekatan penelitian. Secara singkat, pendekatan bisa diartikan sebagai suatu cara, teknik, atau metode yang digunakan dalam melakukan suatu penelitian. 

Beberapa Jenis Pendekatan Penelitian
Beberapa jenis pendekatan penelitian dan penjelasan mengenai pendekatan penelitian ini bisa kita lihat di bawah ini:
1. Pendekatan penelitian menurut pola pengembangan, yaitu:
a. Pola Longitudinal, yaitu pendekatan yang mempelajari tentang berbagai perkembangan yang terjadi dalam suatu individu atau objek yang sama, tetapi dilakukan dalam waktu yang berbeda.
b. Pola penelitian One shot, adalah pendekatan yang dilakukan dengan cara mengambil data perkembangan suatu objek yang sama dalam satu waktu.
c. Pola Cross-sectional, yaitu penelitian yang menggabungkan pola penelitian One shot dan pola longitudinal dengan tujuan untuk memperoleh data yang lebih lengkap.

2. Pendekatan penelitian menurut tehnik sampling, yaitu:
a. Pendekatan kasus, adalah suatu pendekatan penelitian yang bertujuan untuk mengungkap semua variabel yang menyebabkan atau melatarbelakangi terjadinya suatu kasus tertentu yang dilakukan oleh suatu objek (individu, kelompok, masyarakat, atau lembaga).
b. Pendekatan Populasi, adalah suatu pendekatan penelitian yang mengharuskan peneliti mengambil data dari suatu populasi yang menjadi objek penelitian secara keseluruhan.
c. Pendekatan Sampel, yaitu pendekatan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan cara mengambil sampel dari suatu objek populasi yang ditelitinya. Hal ini terjadi karena dalam berbagai kasus didapati bahwa peneliti tidak bisa melakukan penelitian terhadap semua komponen dalam suatu objek populasi  yang ditelitinya.

3. Jenis pendekatan penelitian menurut variabel yang timbul , adalah
a. Pendekatan experiment
Pendekatan experiment adalah suatu metode pendekatan yang meneliti variabel  yang akan datang (masa depan), dengan tujuan untuk mengetahui apa efeknya apabila suatu variabel yang diteliti dimanipulasi atau di kontrol.
b. Pendekatan non experiment
Pendekatan non experiment adalah suatu metode pendekatan yang meneliti variabel masa lalu (sudah pernah terjadi) dengan yang sekarang (sedang terjadi).

Nah, dalam penjelasan diatas telah dijelaskan tentang pendekatan penelitian non experiment. Di bawah ini akan dipaparkan tentang jenis pendekatan penelitian menurut pendekatan non experiment, yaitu:
a. Pendekatan penelitian filosofis
Pendekatan filosofis ini adalah pendekatan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang hikmah serta hakikat suatu objek permasalahan atau suatu peristiwa yang diteliti.
b. Pendekatan penelitian kasual-komparatif
Pendekatan jenis ini merupakan pendekatan yang meneliti kembali tentang akibat timbulnya suatu permasalahan yang menjadi objek penelitian, serta mengkaji kembali apa penyebab timbulnya suatu peristiwa yang menjadi objek penelitian tersebut.
c. Pendekatan penelitian historis
Penelitian jenis ini, merupakan penelitian yang mempelajari dan mengumpulkan data yang akurat yang menjadi fakta-fakta terjadinya suatu peristiwa masa lalu yang menjadi objek penelitian. Kemudian menyusun, menafsirkan, dan menilai sehingga kita bisa memahami peristiwa-peristiwa pada masa lampau yang menjadi objek penelitian.
d. Pendekatan penelitian korelasi (hubungan)
Pendekatan ini, merupakan pendekatan yang meneliti mengenai hubungan antara dua variabel yang menjadi objek penelitian atau lebih, tanpa merubah (memanipulasi) objek-objek yang berhubungan tersebut.


Demikianlah penjelasan artikel mengenai Pendekatan Penelitian Dan Beberapa Jenis Pendekatan Penelitian. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan para pembaca semuanya.
SELAMAT BELAJAR. . . .

Pendekatan Penelitian Dan Beberapa Jenis Pendekatan Penelitian
Gambar tentang Pendekatan Penelitian Dan Beberapa Jenis Pendekatan Penelitian



loading...
PENDEKATAN PENELITIAN DAN BEBERAPA JENIS PENDEKATAN PENELITIAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown