Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Tuesday 27 September 2016

EKOLOGI DAN BEBERAPA PENJELASANNYA

loading...

EKOLOGI DAN BEBERAPA PENJELASANNYA
Nah, sekarang sudah saatnya membagikan artikel yang berjudul ekologi dan beberapa penjelasannya. Silahkan sahabat pembaca jangan sampai bosan dalam membaca artikel pendidikan dari Ahli Artikel, agar ilmu pengetahuan kita semakin bertambah. Yuks, sama-sama kita baca artikel yang berjudul ekologi dan beberapa penjelasannya di bawah ini.

Ekologi Dan Beberapa Penjelasannya
Ekologi Dan Beberapa Penjelasannya| Pengertian ekologi biasanya diartikan sebagai suatu ilmu tentang interaksi antara organisme-organisme dan lingkungannya. Lingkungan di sini memiliki arti yang luas, dan mencakup semua hal di luar organisme yang bersangkutan. Tidak saja termasuk cahaya, suhu, curah hujan, kelembapan dan topografi, tetapi juga predator, parasit, dan kompetitor. Sesuatu yang bukan merupakan bagian integral dari suatu organisme tertentu adalah bagian dari lingkungan organisme tersebut.

Kehidupan dicirikan oleh berbagai tingkat organisme. Ekologi seringkali mencakup jenjang-jenjang suatu fenomena seperti misalnya, interaksi osmotis antara organisme dan media lingkungan. Ekologi biasanya secara khusus membahas mengenai tiga hal, yaitu:
1. Populasi 
Populasi adalah kelompok individu yang sama spesiesnya (jenisnya).
2. Komunitas
Komunitas adalah satuan yang terdiri dari semua populasi yang hidup di suatu area tertentu.
3. Ekosistem
Ekosistem adalah komunitas dari lingkungan fisiknya masing-masing dapat diterapkan pada kesatuan local kecil maupun besar.

Jadi, pohon-pohon pinus dalam suatu hutan dapat dikatakan sebagai populasi, sedangkan seluruh pinus di Indonesia, juga bisa dikatakan sebagai populasi. Demikian juga , suatu kolam kecil dan penghuninya atau hutan tempat kolam itu terdapat, dapat disebut dengan ekosistem.

Berbagai ekosistem dihubungkan satu sama lain oleh proses-proses biologi, kimia, dan fisika. Masukan dan buangan energi, gas, bahan kimia anorganik dan organik dapat melewati batasan ekosistem melalui perantara faktor meteorology seperti angin dan presipitasi, faktor geologi seperti air mengalir dan daya tarik dan faktor biologi seperti gerakan hewan. Jadi keseluruhan bumi itu sendiri adalah ekosistem, di mana tidak ada bagian yang terisolir dari yang lain. Ekosistem keseluruhan biasanya disebut dengan biosfir.

Biosfir terdiri dari semua organisme hidup dan lingkungan biosfir membentuk “shell” (kulit), relatif tipis di sekeliling bumi, berjarak hanya beberapa mil dari atas dan di bawah permukaan air laut. Kecuali energi, biosfir sudah mampu mencukupi dirinya sendiri, semua persyaratan hidup yang lain seperti air, oksigen dan zat hara, dipenuhi oleh pemakaian dan daur ulang bahan yang telah ada di dalam sistem tersebut.

Akhirnya, itulah akhir dari penjelasan artikel yang berjudul Ekologi Dan Beberapa Penjelasannya. Semoga bermanfaat. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER ARTIKEL EKOLOGI DAN BEBERAPA PENJELASANNYA:
- BUKU PENGANTAR EKOLOGI - Ir. Suwasono Heddy MS, Drs. Sutiman B. Soemitro, Ir. Sardjono Soekartomo - CV. Rajawali - Jakarta - 1986 


Ekologi Dan Beberapa Penjelasannya
Gambar tentang Ekologi Dan Beberapa Penjelasannya

loading...
EKOLOGI DAN BEBERAPA PENJELASANNYA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown