Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Sunday 13 November 2016

MORFOLOGI MITOKONDRIA DAN PENYEBARANNYA DI DALAM SEL

loading...

MORFOLOGI MITOKONDRIA DAN PENYEBARANNYA DI DALAM SEL
Sekarang, tibalah saatnya bagi Ahli Artikel untuk memberikan suatu artikel yang akan menjelaskan tentang Morfologi Mitokondria Dan Penyebarannya Di Dalam Sel. Untuk itu langsung saja yuk kita baca artikel yang berjudul Morfologi Mitokondria Dan Penyebarannya Di Dalam Sel di bawah ini.

Morfologi Mitokondria Dan Penyebarannya Di Dalam Sel
Morfologi Mitokondria Dan Penyebarannya Di Dalam Sel| Bentuk mitokondria bervariasi dari bentuk yang seperti granula sampai memanjang. Pada otot seran lintang bentuknya lebih memanjang daipada granula. Tetapi umumnya mitokondria berbentuk jorong, dengan diameter antara 0,5 - 0,1 nm, dan panjangnya nantara 3 - 7 nm. Biasanya makin kecil jumlah mitokondria dalam suatu sel, makin besar ukuran dari organela tersebut. Untuk mengenal mitokondria, dalam tahun 1900, Michaelis memperkenalkan zat warna Janus green B yang khusus hanya untuk mewarnai mitokondria, dan tidak mewarnai komponen sel lainnya. Sampai sekarang Janus green B masih digunakan sebagai tanda histokimiawi motokondria.

Letak mitokondria dalam sel umumnya tersebar dalam plasma sel, tetapi ada pula yang letaknya tergantung dari pola tertentu. Pada otot lurik, letak mitokondria tersusun teratur di antara serabut-serabut kontraktil otot, sedangkan pada spermatozoa letaknya tersusun tersusun pada bagian ekornya. Letak mitokondria yang demikian karena diperlukan sebagai penghasil energi dalam menunjang fungsinya yaitu untuk kontraksi. Mitokondria mempunyai sifat plastis, karena itu bentuknya dapat berubah-ubah. Sifat plastis terutama terdapat pada mitokondria yang letaknya tersebar bebas dalam sitosol, sedangkan mitokondria yang letaknya tidak bebas, seperti pada otot lurik, plastisitasnya menjadi berkurang. Plastisitas dan gerakan mitokondria di dalam sel memudahkan distribusi ATP ke seluruh bagian sel yang membutuhkan. Pada sel-sel hati yang fungsinya sebagai tempat berbagai sintesis, maka mitokondria letaknya tersebar di dalam sitosol, sedangkan pada otot lurik yang fungsinya sebagai alat kontraksi maka mitokondria letaknya tersusun teratur diantara serabut-serabut kontraktil.

Jumlah mitokondria tiap-tiap sel sangat beragam, ada sel yang tidak mempunyai mitokondria, tetapi ada pula yang mempunyai mitokondria banyak sekali bahkan sampai ratusan ribu. Sejenis alga tak berwarna yakni Leucothrix dan Vitreoscilla tidak mempunyai mitokondria, spermatozoa tertentu dan Flagellata seperti Chromulina mempunyai hanya satu mitokondria tiap-tiap selnya. Sel-sel hati rata-rata memiliki 800 mitokondria tiap selnya, sedangkan sel telur dari landak laut dan Amoeba raksasa Chaos-chaos mempunyai mitokondria sampai 500.000 butir. Pada umumnya ada hubungan antara jumlah mitokondria dengan kebutuhan metabolic dari tiap-tiap sel, tetapi ultrastruktur dari mitokondria tidak menunjukkan hubungan antara jumlah dengan kebutuhan metabolic.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai artikel yang berjudul Morfologi Mitokondria Dan Penyebarannya Di Dalam Sel. Semoga bermanfaat. . . 
SELAMAT BELAJAR. . . . 

SUMBER ARTIKEL MORFOLOGI MITOKONDRIA DAN PENYEBARANNYA DI DALAM SEL:
- BUKU BIOLOGI SEL - SUMADI - ADITYA MARIANTI - GRAHA ILMU - 2007

Morfologi Mitokondria Dan Penyebarannya Di Dalam Sel
Gambar tentang Morfologi Mitokondria Dan Penyebarannya Di Dalam Sel


loading...
MORFOLOGI MITOKONDRIA DAN PENYEBARANNYA DI DALAM SEL Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown