Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday 5 August 2015

Apakah ikan minum air?

loading...


Ikan laut meminum banyak air, sedangkan ikan air tawar hampir tidak pernah minum. Perbedaan itu berasal dari kebutuhan binatang tersebut untuk mempertahankan keseimbangan wajar antara garam dan air dalam tubuhnya.

Air laut tiga kali lebih asin daripada cairan tubuh ikan yang hidup di air laut. Karena proses alam yang disebut osmosis, air dalam tubuh ikan laut cenderung mengalir ke luar menembus kulit dan insangnya menuju air laut. Untuk menggantikan hilangnya cairan ini, ikan laut harus menelan sejumlah besar air laut.

Pada ikan air tawar, proses itu berlangsung sebaliknya. Tubuh ikan air tawar mengandung kadar garam lebih tinggi daripada air di sekelilingnya. Ikan air tawar terus-menerus menyerap air ke dalam tubuhnya sehingga mahluk itu tidak perlu minum. Malahan, kelebihan cairan di dalam tubuhnya dibuang dengan banyak mengeluarkan air seni atau air kemih.

Kebanyakan ikan laut akan mati apabila dipindah ke air tawar, sebagaimana ikan air tawar akan mati kalau dipindah ke air asin. Di luar lingkungan wajarnya, kedua macam ikan itu tidak mampu menyesuaikan kerapatan garam dalam tubuhnya.

Kalau ikan laut ditempatkan di  air tawar, air yang biasanya mengalir ke luar melalui tubuhnya akan berbalik arah. Mahluk itu akan menggembung dan segera mati. Dan kalau ikan air tawar dimasukkan ke air laut, air dalam jaringan  tubuhnya akan mengalir ke luar menuju larutan garam samudra yang lebih asin. Akibatnya, kadar garam dalam cairan tubuhnya meningkat sehingga ikan itu mati.

Beberapa jenis ikan bersifat diadromus yaitu dapat hidup di air asin maupun air tawar. Hal itu dilakukan dengan mengatur cairan tubuh agar sesuai dengan lingkungannya. Ikan tersebut minum atau tidak minum tergantung pada keasinan lingkungannya. Selain itu, insang dan ginjalnya dengan cepat dapat berubah-ubah tugas dari memproses air tawar menjadi memproses air asin, dan sebaliknya. Ikan salmon, yang pergi dari samudra menuju air tawar untuk bertelur, dan ikan steria, trubuk, dan lampre, yang hidup dekat muara sungai, tergolong ikan yang dapat beradaptasi seperti ini.

Semoga artikel tentang  apakah ikan minum air ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE
Apakah ikan minum air
Gambar tentang Apakah ikan minum air

loading...
Apakah ikan minum air? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown