Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday 5 August 2015

APA PENGERTIAN GELEMBUNG RENANG ITU?

loading...

APA PENGERTIAN GELEMBUNG RENANG ITU?
Hayo, siapa diantara sobat pembaca setia Ahli Artikel yang suka dengan ikan? Sudah tahu belum apa alasannya ikan itu bisa dengan mudah berenang dan mengapung di dalam air? Jika belum, artikel kali ini hadir untuk menghilangkan pertanyaan itu. Biar tidak penasaran, langsung saja kalian baca artikel yang berjudul Apa Pengertian Gelembung Renang Itu di bawah ini

Pengertian Gelembung Renang 
Pengertian Gelembung Renang| Banyak jenis ikan mempunyai organ mirip balon, yang disebut gelembung renang atau gelembung gas. Berkat organ ini, ikan dapat mengapung dengan mudah dalam air. Setelah gelembung itu diisi dengan gas atmosfer seperti oksigen dan nitrogen, berat jenis tubuh ikan turun sehingga sama dengan berat jenis air sekelilingnya. Dengan begitu, ikan tidak perlu terus-menerus berenang agar tidak tenggelam. Untuk mempertahankan daya apung netral pada berbagai kedalaman, banyak jenis ikan mampu menyesuaikan banyaknya gas dalam gelembung renangnya.

Namun, jenis tertentu tidak cocok kalau daya apungnya netral. Ikan memah, misalnya, harus cukup berat untuk tinggal di dasar samudra, dan beberapa jenis tuna menyelam dan naik terlalu cepat selama terjadi penyesuaian gas itu. Maka, banyak penghuni dasar dan perenang cepat telah menyusutkan gelembung renangnya atau tidak memilikinya sama sekali.

Gelembung renang salmon serta trout yang baru saja menetas tidak mengandung gas sehingga ikan itu tidak dapat mengendalikan kedalaman posisinya ketika mengapung. Karena dalam tahap ini merupakan sasaran empuk, ikan muda itu bersembunyi di antara batu di dasar sungai. Kemudian, ikan itu akan menelan udara dengan mulutnya. Dengan cara ini, lambat laun ikan memompa gelembung renangnya dan mengatur daya apungnya.

Gelembung renang ikan bersambung dengan esofagus lewat tabung sempit yang disebut saluran pneuma, jumlah gas dalam gelembung itu diatur oleh udara melalui mulut. Pada ikan yang gelembung renangnya tidak melekat pada kerongkongan, pertukaran gas itu dibantu oleh peredaran darah. Sewaktu tekanan darah berubah pada berbagai kedalaman, kelenjar merah dan benda lonjong menaikkan dan menurunkan kandungan gas dalam gelembung itu.

Semoga artikel tentang pengertian gelembung renang  ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . 

SUMBER ARTIKEL PENGERTIAN GELEMBUNG RENANG:
- SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

gelembung renang ikan
Gambar tentang gelembung renang ikan
 

loading...
APA PENGERTIAN GELEMBUNG RENANG ITU? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown