Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Sunday 9 August 2015

Bagaimana ikan paus koteklemah menyelam begitu dalam?

loading...


Paus adalah mamalia yang bernapas di udara, maka binatang ini lebih sering berada dekat permukaan samudra. Namun, untuk mencari cumi-cumi, plankton, dan makanan lain, koteklemah menyelam jauh di bawah gelombang. Koteklemah jantan dewasa menyelam paling jauh, sedalam 1,2 kilometer dan dapat bertahan di dalam air selama 2 jam dalam satu tarikan napas.

Koteklemah mampu melakukan itu berkat cadangan minyak yang berlimpah di kepalanya. Berkat adanya cairan yang disebut minyak spermaseti itu kotek lemah dapat menyesuaikan daya apungnya di berbagai kedalaman, seperti ikan menggunakan gelembung renangnya untuk naik dan turun. Minyak spermaseti itu berubah kerapatan demikian juga dengan daya apungnya sesuai dengan suhu, maka paus koteklemah mendinginkan minya itu dengan air laut apabila ingin menyelam. Untuk naik lagi, paus memanaskannya dengan darahnya.

Paus koteklemah mencapai berbagai kedalaman dengan menyesuaikan suhu minyak di rongga kepalanya. Untuk naik, paus ini meningkatkan aliran darah ke cadangan minyak itu, sehingga minyak menjadi hangat dan lebih mudah terapung. Untuk menyelam kebawah, paus mendinginkan minyak dengan air laut. Dengan mengendurkan otot hidung, paus koteklemah menghisap air laut yang dingin ke dalam saluran hidung seblah kanan. Air dikeluarkan dengan mengerutkan saluran yang sama. Dengan saluran hidung sebelah kiri, paus menghisap air ke dalam alur nasopalatin. Air memasuki saluran kanan, lalu dikeluarkan oleh jaringan otot.

Metabolisme koteklemah teradaptasi guna menyimpan oksigen. Sewaktu paus ini menyelam, detak jantungnya melambat secara mendadak, guna menghemat oksigen. Separuh pasokan oksigennya disimpan dalam bahan yang disebut mioglobin dalam ototnya. Sel darah menyebarkan sisa oksigen ke organ-organ penting. Secara bersama-sama strategi ini memungkinkan paus koteklemah menggunakan 90 persen oksigen yang dihirupnya, sebaiknya manusia hanya menggunakan 20 persennya.

Dengan kebiasaan bernapasnya, paus koteklemah dapat menangkap cumi-cumi raksasa sekalipun binatang itu lebih cepat dan lebih lincah. Paus jantan dapat hanyut di kedalaman samudra sampai dua jam dengan rahang menganga. Mangsa, misalnya cumi-cumi mungkin terpikat oleh gigi putih mengkilat serta lapisan mulutnya, dan bila cumi-cumi itu berada dalam jangkauannya, dengan cepat paus koteklemah mengatupkan rahang dan melahap mangsanya. Dari pemeriksaan paus koteklemah ditemukan cumi-cumi dengan panjang 10,5 meter dan bobot 18 kilogram.

Seekor paus jantan koteklemah yang lebih besar dari betinanya, melahap hampir satu ton makanan setiap hari. Jadi tidak aneh kalau bobotnya sampe 41 ton.

Semoga artikel tentang  Bagaimana ikan paus koteklemah menyelam begitu dalam ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .  
SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

ikan paus koteklemah atau paus sperma
Gambar tentang Bagaimana ikan paus koteklemah menyelam begitu dalam

loading...
Bagaimana ikan paus koteklemah menyelam begitu dalam? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown