Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Saturday 8 August 2015

Bagaimana ikan bertahan hidup bila sungai mengering?

loading...

BAGAIMANA IKAN BERTAHAN HIDUP BILA SUNGAI MENGERING?
Ketemu lagi dengan Ahli Artikel yang tidak akan bosan-bosannya membagikan artikel untuk menjadi bahan bacaan yang akan menambah wawasan kalian. Nah, artikel yang akan dibagikan kali ini berjudul Bagaimana Ikan Bertahan Hidup Bila Sungai Mengering. Seperti yang kita tahu, bahwa ikan adalah mahluk yang hidup di dalam air. Namun, bagaimana jika air yang menjadi habitatnya mengering? Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan diatas, mari kita membaca artikel yang berjudul Bagaimana Ikan Bertahan Hidup Bila Sungai Mengering di bawah ini.

Bagaimana Ikan Bertahan Hidup Bila Sungai Mengering
Bagaimana Ikan Bertahan Hidup Bila Sungai Mengering| Dalam setahun, banyak sungai dan danau di hutan tropis menjadi kering selama tiga hingga empat bulan atau lebih. Tetapi anehnya, tidak semua mahluk di dalamnya mati. Ikan paru, misalnya, berkembang subur di wilayah kering semacam itu selama lebih dari 300 juta tahun. Pada awal musim kemarau, ikan yang bernapas udara itu meliang di dalam lumpur, membungkus dirinya dengan kokon mukus, dan memasuki keadaan tidur yang disebut estivasi. Ikan paru mendapat udara melalui saluran dalam lumpur yang tembus ke permukaan.

Ikan paru berbeda dengan ikan lain dalam beberapa hal yang mendasar. Pertama, ikan itu dilengkapi dengan paru-paru maupun insang, paru-parunya memungkinkan ikan itu mengisap oksigen dari atmosfer. Kedua, jantung ikan paru lebih rumit karena dirancang untuk meningkatkan efisiensi paru-parunya. Ketiga, sepasang sirip mirip kaki membantu ikan itu berjalan di daratan kering. Salah satu jenis ikan paru adalah ikan paru afrika yang dikenal dapat hidup selama empat tahun tanpa air.

Rancangan untuk bertahan hidup
Beberapa jenis ikan, seperti ikan medaka, dapat tetap bertahan hidup karena telurnya mampu bertahan dalam kekeringan. Hanya beberapa minggu setelah telur itu keluar, mulailah musim kemarau dan ikan dewasa mati. Tetapi, sewaktu permukaan air naik pada awal musim penghujan, telur itu menetas. Ikan muda itu kemudian tumbuh dewasa dan tiba waktunya untuk bertelur sendiri, dan daur itu pun dimulai lagi.


Semoga artikel tentang Bagaimana ikan bertahan hidup bila sungai mengering ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .


Ikan paru Afrika yang mampu bertahan hidup tanpa air
Gambar tentang Bagaimana ikan bertahan hidup bila sungai mengering

loading...
Bagaimana ikan bertahan hidup bila sungai mengering? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown