Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Saturday 8 August 2015

Dapatkah ikan bernapas di luar air?

loading...


Pada umumnya, ikan selalu membutuhkan air melalui insangnya untuk bernapas, tetapi ada jenis tertentu yang dapat hidup di luar air selama beberapa jam. Salah satu ikan semacam itu terutama terdapat di rawa-rawa  bakau Asia Tenggara, yaitu ikan glodok. Selain dapat bernapas di udara, ikan glodok juga dapat melompat-lompat di pantai berlumpur dan bahkan memanjat batang pohon. Bila di luar air, ikan glodok yang bermata menonjol dengan tubuh sepanjang 15 sentimeter itu menyerap oksigen sumber hidupnya melalui kulit dan rongga insang.

Ikan glodok, yang lebih mirip katak daripada ikan, berjemur di batang kayu. Ikan glodok meninggalkan air selama berjam-jam terus-menerus untuk memangsa krustasea dan kerang yang terdampar ketika air surut.

Ikan glodok amat sesuai untuk hidup di darat. Kulitnya dapat menyerap oksigen dari udara. Air yang tersimpan di rongga insang khusus menyebabkan insang itu tetap lembab sehingga insang pun menyerap oksigen dari atmosfer. Kalau berada di dalam air, insang glodok berfungsi seperti biasa.

Ikan glodok menggunakan sirip dadanya yang tebal dan mirip kaki itu untuk menyeret tubuhnya di daratan. Sirip perut cocok untuk mencengkam permukaan seperti batu dan pohon, semantara matanya yang menyembul dan dapat digerakkan ke segala arah memberinya pandangan luas terhadap makanan dan musuh.

Di musim kawin, ikan glodok bintik biru melompat-lompat untuk menandai wilayahnya. Pejantan kebanyakan jenis ini menggali liang di lumpur untuk tempat berbiak.

Seperti ikan glodok, ikan kerapu yang suka mendaki ini lebih sering hidup di daratan. Ciri yang paling menakjubkan pada ikan air tawar ini adalah respirator insang atas.  Organ pernapasan berlekuk-lekuk ini terdapat di rongga insang sehingga ikan itu dapat bernapas di udara. Udara melewati mulut dan respirator insang atas, yang menyerap oksigen ke dalam aliran darah.

Karena menghuni genangan air yang kandungan oksigennya sedikit, ikan kerapu itu harus menambah pernapasan insangnya dengan pernapasan udara agar dapat tetap hidup. Ikan Kerapu dapat berada di darat cukup lama dengan merayap melintasi satu genangan ke genangan berikutnya, sambil menekuk ekornya yang kuat ke tanah dan menyeret tubuhnya ke depan dengan sirip dan dada.

Semoga artikel tentang Dapatkah ikan bernapas di luar air  ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

ikan glodok yang dapat bernapas di luar air
Gambar tentang Dapatkah ikan bernapas di luar air
 

loading...
Dapatkah ikan bernapas di luar air? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown