Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 10 August 2015

Dapatkah ubur-ubur berenang?

loading...

Dapatkah ubur-ubur berenang?
Pernahkah kalian melihat ubur-ubur? Jika pernah, pasti ada diantara kalian yang pernah bertanya, apakah ubur-ubur itu bisa berenang atau tidak? Nah, Ahli Artikel hadir untuk menjawab pertanyaan itu dengan membagikan artikel yang berjudul Dapatkah ubur-ubur berenang yang bisa kalian  baca di bawah ini.

Dapatkah ubur-ubur berenang
Dapatkah ubur-ubur berenang| Samudra di dunia dihuni oleh 200 varietas ubur-ubur. Beberapa diantaranya menyerupai piring. Yang lain seperti sisir. Dan beberapa yang lainnya lagi menyeret tentakel bening panjang dalam air.

Banyak ubur-ubur adalah perenang ulung. Cara berenangnya dengan berulang kali mengerutkan dan mengendurkan otot di bawah lonceng berbentuk payung. Setiap kali mengerut, ubur-ubur menyemburkan air dari lonceng sehingga mendorongnya ke arah berlawanan. Tetapi, lebih sering ubur-ubur sekedar mengapung di air, menggantung tepat di bawah permukaan dan hanyut bersama arus.

Pada ubur-ubur yang berbentuk piring, bagian bawah lonceng mempunyai mulut dan beberapa lengan mulut yang panjang. Lonceng itu sendiri terbuat dari mesoglea, yaitu bahan yang seperti bubur yang ditahan oleh dinding luar dan dinding dalam tubuh.  Di seputar lonceng terdapat tentakel yang dipersenjatai dengan organ kecil yang disebut nematosis. Apabila dirangsang oleh mangsa atau pemangsa, nematosis itu menembakkan filamen sengat.

Gerakan ubur-ubur
Sistem gerak ubur-ubur| Beberapa jenis ubur-ubur berjalan dengan struktur khusus. Ubur-ubur api misalnya, yaitu suatu koloni organisme yang terdiri atas beberapa individu yang tumbuh dari satu batang, memiliki pelampung berisi gas yang berfungsi sebagai layar. Layar itu dapat mencapai panjang 30 sentimeter. Bila terkena angin, layar itu membawa ubur-ubur api melintasi air dengan sudut lebih kurang 45 derajat terhadap arah angin.

Jenis ubur-ubur lain yang memiliki pelampung dapat mengempiskan pelampungnya untuk menyelam selama terjadi badai. Ada pula yang mempunyai lonceng renang khusus di balik pelampungnya. Dengan mengembang dan mengempis secara berirama, lonceng itu mengisap air dan kemudian menyemburkannya melalui tabung-tabung sehingga mendorong binatang itu seperti pesawat jet.

Semoga artikel tentang Dapatkah ubur-ubur berenang  ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . 


Ubur-ubur berenang
Gambar tentang Dapatkah ubur-ubur berenang

loading...
Dapatkah ubur-ubur berenang? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown