Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Tuesday 11 August 2015

Pancaindra Ikan dalam air

loading...

PANCAINDRA DALAM AIR
Apa kabar sobat pembaca setia Ahli Artikel? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat. Soalnya, kali ini akan dibagikan artikel yang akan mengulas tentang Pancaindra Dalam Air. Artikel kali ini sengaja di bagikan untuk kalian sahabat pembaca setia yang senantiasa gemar membaca untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan kalian. Untuk itu, langsung saja yuk, mari kita sama-sama membaca dan menyimak sampai habis penjelasan artikel yang berjudul Pancaindra Dalam Air di bawah ini.

Pancaindra Dalam Air
Pancaindra dalam air| Sebagaimana binatang darat, ikian memerlukan serangkaian indra untuk menemukan makanan dan menjauhi pemangsa. Kelima indra tradisional seperti penglihatan, pembau, pengecap, peraba dan pendengar, semua terdapat pada kebanyakan ikan, tetapi cara penggunaannya sering berbeda secara mencolok dengan binatang darat.

Indra peraba ikan- Indra penglihatan sangat penting bagi banyak jenis ikan. Karena ikan hidup dalam air, lensa matanya berbentuk sferis, suatu bentuk yang dapat memfokuskan berkas cahaya dalam medium air yang tebal. Lensa mata ikan dapat menyajikan bidang pandang yang luas. Indra pembau pun sangat penting bagi kebanyakan ikan, terutama untuk menemukan mangsanya. Ikan dapat membau pada jarak lebih dari setengah kilometer dalam air. Sebaliknya, pengecap adalah indra jarak dekat. Indra ini digunakan untuk membedakan makanan yang dapat dimakan dan yang makanan yang beracun.

Indra peraba pada ikan kerap kali melampaui indra peraba binatang darat. Selain sekedar dapat merasakan benda yang menyentuhnya, ikan dapat merasakan getaran dalam air. Dengan demikian, kalau ada ikan lain yang berkecipak karena cedera, ikan lain di dekatnya dapat merasakan sekaligus mendengarnya.

Beberapa binatang air mempunyai organ peraba yang agak aneh. Hiu misalnya, menggunakan reseptor listrik bukan saja untuk menentukan arah, melainkan juga untuk mencari mangsa. Pesut mengeluarkan suara ceklekan, suitan, serta teriakan yang gemanya membimbing binatang itu di perairan berlumpur.

Demikianlah informasi dan artikel tentang Pancaindra dalam air, semoga bermanfaat.  .  .
SELAMAT BELAJAR. . .

SUMBER ARTIKEL PANCAINDRA DALAM AIR:
- BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE . 

Pancaindra ikan
Gambar tentang Pancaindra Ikan dalam air

loading...
Pancaindra Ikan dalam air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown