Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday 19 August 2015

Ikan apa yang memberi makan anaknya?

loading...

IKAN APA YANG MEMBERI MAKAN ANAKNYA?
Ikan apa yang memberi makan anaknya| Mamalia merawat anaknya dan hampir semua burung membawakan makanan untuk anaknya, sedangkan kebanyakan jenis ikan adalah induk dan ayah yang tidak peduli.  Ikan yang baru menetas biasanya sudah harus mandiri.

Namun, ada beberapa kekecualian yang menarik atas kebiasaan ini. Ikan cakram berwarna cerah di Amerika Selatan, menghidupi anaknya dengan lendir berprotein yang keluar dari kulitnya. DI danau Nyasa di Afrika, lele jantan dan betina menggali sarang lumpur tempat ikan itu menyediakan makanan bagi anaknya. Pada beberapa jenis yang melahirkan anak, induk ikan memberi makanan larvanya dengan bahan gizi yang keluar dari saluran reproduksinya.

Proses ikan cakram mengasuh anaknya
Proses ikan cakram mengasuh anaknya- Ikan cakram jantan membuahi kelompok 100 hingga 200 telur yang baru saja dikeluarkan oleh betinanya pada sekerat kayu terapung.

Pejantan dan betinanya bergantian mengipasi telur dengan sirip. Aliran air memberikan oksigen dan menjaga agar telur itu bebas penyakit.

Ketika telur ikan cakram menetas, anakannya hidup dengan menjilati sekresi susu dari kulit ayah-induknya.

Mengasuh anakan ikan lele
Mengasuh anakan ikan lele| Beberapa ikan lele penghuni dasar di Danau Nyasa dengan rajin mengurusi kebutuhan anaknya. Ayah-induk menjaga telur sampai menetas dan pada tahap ini ayah-induk bergantian memberi makan anaknya. Si jantan berenang sampai jauh mencari tumbuhan, ikan kecil, atau mahluk lain. Setelah menjejalkan potongan-potongan kecil ke dalam mulut, ikan ini kembali ke sarang dan mengeluarkan makanan itu melalui insangnya. Kemudian betinanya mengeluarkan rangkaian telur yang belum dibuahi untuk dimakan oleh anakannya. Hanya sedikit jenis ikan yang memberikan perhatian begitu besar kepada anakannya.

Demikianlah rangkaian pengulasan artikel yang menjelaskan tentang Ikan apa yang memberi makan anaknya ini, semoga dapat menambah ilmu dan wawasan para pembaca sekalian. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . . . . . .

SUMBER ARTIKEL IKAN APA YANG MEMBERI MAKAN ANAKNYA: 
- BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE 

ikan cakram yang memberi makan anaknya
Gambar tentang Ikan apa yang memberi makan anaknya

loading...
Ikan apa yang memberi makan anaknya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown