Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday 19 August 2015

Adakah ikan yang menipu ikan lain untuk mengasuh anaknya?

loading...


Adakah ikan yang menipu ikan lain untuk mengasuh anaknya| Di kalangan burung, burung kedasih dan kukuk dikenal karena kelicikannya, yaitu secara diam-diam menempatkan telurnya di sarang jenis burung lain. Ada pula jenis ikan tertentu yang menghindari tugas mengerami telurnya sendiri dengan cara memperdaya ikan lain agar melakukan tugas itu. Ikan lele kedasih di danau Tanganyika, Afrika, melakukan tipu daya itu terhadap ikan mujair yang mengerami telur di dalam mulut.

Selagi ikan mujair berpijah, sepasang lele mengejar ikan itu dan menelan sebagian telurnya. Kemudian, ketika berenang melewati mujair betina, lele kedasih betina melepaskan telurnya sendiri dan pejantannya mengeluarkan gumpalan spermanya. Karena bingung oleh tindakan ini, ikan mujair betina yang bodoh itu secara keliru menelan  telur-telur lele ke dalam mulutnya dan mengeraminya bersama dengan telurnya sendiri.

Proses ikan lele mengelabui ikan mujair
Proses ikan lele mengelabui ikan mujair
- Seekor ikan mujair betina mengulum seonggok telur. Tanpa disadarinya ada telur ikan lele kedasih di antaranya.

Karena lebih cepat matang, telur ikan lele menetas lebih dulu daripada telur ikan mujair. Semula, anakan lele itu memakan kantong kuning telurnya sendiri.
Pada waktu telur ikan mujair mulai menetas, anakan ikan lele telah menghabiskan kantong kuning telurnya sendiri. Ada kemungkinan anak lele lalu melahap anak mujair.

Selama bertumbuh, anakan ikan lele memakan ikan mujair yang lebih kecil. Hubungan parasit ini melindungi anakan ikan lele dan memberikan makanan melimpah.

Telur ikan mujair dilapisi dengan kulit keras yang melindunginya agar tidak dimakan oleh anakan ikan lele. Namun, sesudah menetas, ikan mujair tahap larva yang masih lunak serta kuning telurnya yang penuh zat hara itu merupakan sasaran empuk bagi para ikan perampok yang kelaparan.

Sampai di sini dulu pembahasan artikel tentang  Adakah ikan yang menipu ikan lain untuk mengasuh anaknya ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. . . .

SELAMAT BELAJAR. . . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE


ikan mujair yang mengasuh anak ikan lele
Gambar tentang Adakah ikan yang menipu ikan lain untuk mengasuh anaknya

loading...
Adakah ikan yang menipu ikan lain untuk mengasuh anaknya? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown