Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 10 August 2015

Kepiting apa yang hidup dalam kerang?

loading...


Kepiting apa yang hidup dalam kerang| Beberapa spesies dalam suku kepiting kacang adalah parasit pencari tempat tinggal dan biasanya menghuni cangkang moluska dwikatup seperti kerang atau clam dan kijing. Rumah yang kerap kali disukai dan dipilih adalah remis berleher pendek, kijing biru (bivalvia), dan beberapa kerang (clam). Pernah pula ditemukan kepiting kacang yang hidup dalam tubuh udang, dolar pasir, tunikata, teripang atau Echinodermata, dll.

Salah satu penyerbu ini adalah kepiting tiram. Kepiting tiram betina dewasa memiliki diameter kurang lebih 1,3 sentimeter, sedangkan jantannya ukurannya hanya kurang dari setengahnya. Setelah muncul dari tahap larva dan berbentuk dewasa, kepiting betina akan segera mencari dan memasuki sebuah cangkang (shell). Belum diketahui sampai sekarang di mana hidupnya pejantan muda. Kepiting jantan akan memasuki cangkang binatang inang hanya selama masa kawin berlangsung, untuk mencari kepiting betina yang berada di dalamnya.

Di dalam cangkang inang, kepiting betina tumbuh sampai terlampau besar sehingga tidak dapat keluar lagi dari tubuh inangnya. Cangkangnya yang semula keras, berubah menjadi lunak dan hampir tembus pandang karena tak lagi diperlukan sebagai perlindungan. Kepiting betina ini dapat hidup dalam cangkang inang selama beberapa musim kawin. Setelah kepiting itu mati, tubuhnya yang membusuk hanyut ke luar cangkang inangnya tanpa menimbulkan kerusakan.

Siklus kehidupan kepiting kerang
Kepiting yang hidup di dalam kerang- Masa kawin mulai setelah kepiting jantan yang kecil masuk ke rongga cangkang inang kepiting betina. Kepiting betina yang ukurannya jauh lebih besar menyimpan sperma si jantan di dalam tubuhnya, kemudian menggunakan sperma tersebut untuk membuahi telur di dalam tubuhnya di kemudian hari.

Setelah ukurannya terlampau terlalu besar sehingga tak dapat keluar dari cangkang inangnya, kepiting betina dewasa mengerami telur yang telah dibuahi di ruang penetasan khusus pada kipas ekornya.

Setelah beberapa hari menetas, larva kepiting itu kemudian berenang keluar dari cangkang melalui kedua sifon inangnya.

Larva kepiting muda mengalami dua tahap larva, tahap zoea dan tahap megalops. Setelah itu, melepaskan cangkangnya beberapa kali sampai menjadi kepiting dewasa muda atau Crab. Pada tahap itu kepiting menetap dalam cangkang (shell) binatang inang baru dan siklus kehidupan kepiting kerang terulang lagi.


Semoga artikel tentang  Kepiting apa yang hidup dalam kerang ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

kepiting yang hidup dalam kerang
Gambar tentang Kepiting apa yang hidup dalam kerang

loading...
Kepiting apa yang hidup dalam kerang? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown