Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Sunday 9 August 2015

Mengapa Kepiting Berbusa?

loading...


Mengapa Kepiting Berbusa| Sebagaimana ikan, kepiting bernapas dengan insang. Air mengalir ke dalam rongga insang melalui lubang dekat bagian bawah capit atau selipoda kepiting itu. Insang mengisap oksigen dari air, kemudian mengeluarkan air melalui sifon (dua lubang kecil di langit-langit mulutnya).

Hampir semua kepiting yang hidup di samudra bernapas dengan mengedarkan air dengan cara ini. Tetapi, beberapa kepiting telah beradaptasi untuk hidup di daratan kering, untuk menghemat air yang berharga, binatang itu bernapas dengan mendaur ulang air melalui insang. Air yang di keluarkan dari sifon mengalir turun melewati tubuh, dan membawa oksigen segar, kemudian mengalir kembali melalui insang. Kalau cadangan airnya tidak ditambah lagi, air yang di daur ulang itu menjadi lengket, dan ketika keluar dari sifon, air menjadi berbusa.

Proses terjadinya busa kepiting
Busa kepiting
-Tonjolan menyerupai dayung, yang disebut timba insang, bergetar cepat sekali dalam rongga insang sehingga menciptakan arus yang menarik air melalui persendian capit dan melewati insang. Bila arah aliran itu dibalik, pasir akan terbuang keluar dari insang.

Air yang keluar dari sifon mengalir turun lewat sisi luar cangkang kepiting. Suatu jalinan rambut kecil memecah aliran tersebut dan memperluas wilayah permukaan air sehingga air dapat menyerap oksigen baru dari udara.

Setelah mengalir turun lewat sisi bawah kepiting, air yang memperoleh oksigen segar memasuki rongga insang melalui lubang persendian capit kepiting. Lubang masuk itu ditutupi oleh rambut-rambut halus yang menyaring kotoran.

Setelah oksigennya disaring habis oleh insang, air dikeluarkan melalui dua sifon di langit-langit mulut kepiting. Air disemburkan keluar dari kepiting yang setengah menyelam. Jika kepiting berada di daratan kering, air itu keluar berupa busa.

Kapan timbulnya busa kepiting
Busa yang keluar dari sifon menunjukkan bahwa kepiting itu sulit bernapas. Kalau airnya banyak, kepiting jarang mengeluarkan busa. Namun, beberapa keadaan seperti, kepiting melarikan diri dari musuh, kepiting menahan keadaan panas dan kering, kepiting sedang kawin juga dapat menyebabkan timbulnya busa.

Semoga artikel tentang  Mengapa kepiting berbusa ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . 

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE
Kepiting berbusa
Gambar tentang Mengapa Kepiting Berbusa

loading...
Mengapa Kepiting Berbusa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown