Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Sunday 23 August 2015

Mengapa ikan kambing-kambing bergaris-garis?

loading...

Mengapa ikan kambing-kambing bergaris-garis?
Mengapa ikan kambing-kambing bergaris-garis| Ikan kambing – kambing dewasa, yang memiliki ciri warna-warni yang cerah, menjaga wilayahnya dengan menyerang ikan kambing – kambing dewasa lainnya yang mencoba memasuki wilayah itu. Akan tetapi, ikan kambing – kambing muda yang memasuki wilayah ikan kambing – kambing dewasa dibiarkan saja.

Hal itu disebabkan oleh adanya garis – garis tegak biru putih pada banyak ikan kambing – kambing muda, apa pun jenisnya. Pola ikan ini menandakan bahwa ikan itu belum dewasa; artinya, belum mampu menantang wilayah kekuasaan ikan dewasa. Sebelum garis putih -  birunya berubah menjadi warna – warni mencolok seperti pada ikan dewasa, ikan muda itu akan tetap aman terhadap serangan ikan dewasa.

Tanda – tanda senenek moyang.
Beberapa jenis ikan kambing – kambing ketika masih muda mempunyai pola gambar tubuh yang hampir sama, garis tegak biru dan putih. Adanya pola utama ini menandakan nenek – moyang beberapa jenis tadi sama. Sebaliknya, pola ikan dewasa berbeda antara jenis satu dan jenis lainnya. Perbedaan ini dapat bermanfaat untuk menjaga agar ikan dewasa dari satu jenis tidak kawin dengan anggota jenis lainnya.

Pertumbuhan dengan aneka warna
Pertumbuhan dengan aneka warna| Kalau ikan kambing – kambing lain berubah warna setelah mencapai umur atau ukuran tertentu, ikan kambing – kambing wajah kuning berubah warna menurut tingkat interaksinya dengan ikan lain. Ikan wajah kuning yang dipelihara dalam akuarium tanpa ikan dewasa, misalnya, mulai mengenakan pola ikan dewasa pada umur dini. Tetapi, kalau dipelihara dalam akuarium berisi ikan dewasa, ikan ini akan mempertahankan pola ikan muda, meskipun sudah cukup besar. Tingginya risiko untuk diserang ikan dewasa dalam akuarium itu menyebabkan ikan mempertahankan tanda – tanda kemudaannya selama mungkin demi perlindungan.

Demikianlah serangkaian penjelasan artikel yang membahas mengenai Mengapa ikan kambing-kambing bergaris-garis, semoga bermanfaat dan semoga bisa menambah wawasan para pembaca sekalian. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE 

pola garis ikan kambing-kambing
Gambar tentang Mengapa ikan kambing-kambing bergaris-garis

loading...
Mengapa ikan kambing-kambing bergaris-garis? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown