Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Sunday 23 August 2015

Apa ikan pembersih itu?

loading...

Apa ikan pembersih itu?
Hai, kawan-kawan, kali ini akan dibagikan artikel yang berjudul Apa ikan pembersih itu? Untuk itu, langsung saja di baca sampai habis artikel yang berjudul Apa ikan pembersih itu dibawah bawah ini.

Apa ikan pembersih itu| Ikan pembersih, adalah sejenis ikan bibir, hidup di dekat terumbu karang di Samudra India dan Pasifik. Meskipun panjangnya hanya sekitar 10 sentimeter, ikan pembersih bergerak tanpa takut di antara jenis ikan yang lebih besar dan lebih galak. Misalnya, bila di dekati oleh ikan pemangsa, ikan pembersih akan menyentuh dan mematuk ikan pemangsa yang biasanya berbahaya itu, dan kemudian dengan aman akan berenang ke dalam mulut kerapu untuk memakan parasit serta organisme merugikan lainnya. Segala jenis ikan, mulai dari ikan gunting sampai ikan hiu, mencari kawanan ikan bibir pembersih untuk menghilangkan parasit pada sirip, tubuh, insang, dan mulutnya.

Meniru sebagai pembersih
Meniru sebagai pembersih| Beberapa ikan mempunyai  pola ikan yang mirip dengan ikan pembersih. Namun, sebetulnya ikan itu adalah ikan tembakul bergigi pedang. Peniru itu berbeda dengan ikan pembersih sejati dalam tiga hal, yaitu: Mulut peniru menghadap ke bawah, sirip punggungnya lebih panjang, dan sirip ekornya lebih bulat. Dengan kemiripan ini, ikan tembakul bergigi pedang ini dapat mengelabui ikan besar yang mendekat untuk dibersihkan.

Menirukan tarian pembersih
Menirukan tarian pembersih| Ikan tembakul bergigi pedang menirukan ikan bibir sebagai sarana penyamaran untuk mendapatkan santapan dengan cepat. Untuk itu, ikan tembakul menirukan gaya berenang atau tarian ikan bibir. Kemudian, setelah ada ikan yang terpikat untuk mendekat minta dibersihkan, ikan tembakul itu tiba-tiba berbalik, menggigit sebagian sirip korbannya, dan melarikan diri. Makanan lain tembakul bergigi pedang ialah cacing penghuni dasar serta telur yang dikeluarkan ikan lain.

Demikianlah artikel yang membahas tentang Apa ikan pembersih itu, semoga bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .
SUMBER APA IKAN PEMBERSIH ITU: 
- BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Apa ikan pembersih itu
Gambar tentang Apa ikan pembersih itu

loading...
Apa ikan pembersih itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown