Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 6 August 2015

Mengapa ikan pedang berenang cepat?

loading...

MENGAPA IKAN PEDANG BERENANG CEPAT?
Ikan pedang merupakan salah satu jenis ikan yang mampu berenang dengan kecepatan tinggi. Tahukah kalian mengapa hal itu bisa terjadi? Jika belum, artikel yang akan di bagikan oleh Ahli Artikel kali ini, adalah artikel yang sangat cocok untuk menjawab pertanyaan tadi. Untuk itu, langsung saja yuk, kita baca bersama-sama artikel yang berjudul Mengapa Ikan Pedang Berenang Cepat di bawah ini.

Mengapa Ikan Pedang Berenang Cepat
Mengapa Ikan Pedang Berenang Cepat| Dengan bentuk tubuh membelah arus serta sirip ekor yang berbentuk bulan sabit dan perkasa itu ikan pedang dapat berpacu menembus air dengan kecepatan hampir 90 kilometer per jam. Ekornya membusur ke belakang, itulah ciri khas kebanyakan jenis ikan di laut lepas yang berenang cepat. Ekor itu dihubungkan ke tubuh dengan sambungan sempit yang disebut batang atau gagang ekor. Dengan demikian, ikan pedang dapat mengibas-ngibaskan ekor, sementara bagian depan tubuhnya relatif diam. Rancangan efisien ini memaksimalkan daya dorong dan meminimal kan hambatan. Sirip lainnya membantu ikan ini mengarahkan jalannya dan menjaga keseimbangan.

Ikan pedang yang tercipta demi kecepatan ini berotot kuat sehingga mampu membelah air dan mengurangi hambatan. Dari depan hingga belakang, irisan lintang tubuhnya berbentuk oval.

Kibasan ekor lebar menyamping menghasilkan arus air yang kuat pada kedua sisi ikan. Sirip kecil tepat di depan ekor mengurangi hambatan. Lunas samping kecil di kedua sisi ekor memantapkan ikan selama gerakan berenang. Untuk melesat maju, ikan pedang menggoyangkan batang dan sirip ekornya selebar mungkin.

Dari rancangan siripnya, yang sangat beragam dari satu jenis ke jenis berikutnya, dapat diketahui cara ikan berenang atau memburu mangsanya. Ikan bersirip ekor bulat atau sedikit bercabang, misalnya, dapat menambah kecepatan seketika, sirip itu sering kali dimiliki jenis yang diam menunggu untuk menyerang mangsanya. Sirip ekor berbentuk sabit menandakan jenis yang dapat menjelajah dengan cepat, yang mengarungi samudra untuk mencari makan.

Semoga artikel tentang  mengapa ikan pedang berenang cepat  ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . 

Ikan Pedang
Gambar tentang Mengapa ikan pedang berenang cepat

loading...
Mengapa ikan pedang berenang cepat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown