Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 6 August 2015

Bagaimana cara berenang satwa air?

loading...


Setiap mahluk penghuni air, mempunyai cara berenang sendiri. Ada yang menggunakan seluruh tubuhnya untuk menghasilkan daya dorong sehingga bergerak maju. Ada pula yang terutama mengandalkan bagian khusus tubuhnya, misalnya ekor atau sirip. Berdasarkan bentuk tubuh dan cara menciptakan gaya dorong, binatang boleh jadi amat cocok untuk melaju dengan cepat, bermanuver, atau menjelajah dengan kecepatan tinggi. Mungkin juga binatang itu mampu melakukan ketiganya dengan cukup baik, tetapi tidak unggul dalam salah satu bidang. Cara berenang mahluk laut, yang bergantung pada bentuk tubuhnya, menentukan bagaimana cara binatang itu menangkap mangsa dan manghindari musuh.

Bentuk tuna yang ramping mengurangi hambatan air, sehingga ikan itu dapat berenang dengan kecepatan lebih dari 70 kilometer per jam dalam jarak pendek.  Daya dorong yang kuat itu diperoleh dengan mengibas-ngibaskan ekor, atau sirip ekornya, dari kiri ke kanan, sedangkan bagian tubuh yang lain tidak perlu digerakkan.

Buaya yang perkasa melintasi rawa-rawa dengan mengibaskan ekornya yang tebal dan panjang ke kiri dan ke kanan. Sewaktu berenang, buaya menempelkan keempat kakinya ke tubuh sehingga mengurangi hambatan. Ekornya berotot kekar sehingga buaya dapat melakukan gerakan mendadak untuk menangkap mangsa.

Tubuh lumba-lumba yang menyerupai gelendong menyempit pada ujungnya menjadi ekor bercabang yang lebar. Dengan mengentakkan ekornya ke atas dan ke bawah, mamalia penghuni air ini menghasilkan daya dorong kuat sehingga dapat berenang dengan kecepatan 65 kilometer per jam.

Berbeda dengan yang lainnya, penguin bergerak aneh di darat, namun amat lincah di air. Burung yang tak mampu terbang itu mengepakkan siripnya untuk berenang sebagaimana burung menggerakkan sayap untuk terbang.

Belut listrik berenang dengan menggoyang-goyangkan sirip duburnya. Belut lain berjalan dengan menekuk seluruh tubuh menjadi huruf S. Memah menjelajah dasar laut dengan mengayunkan sirip ekornya seperti  bandul. Haring dan banyak ikan lain mengombakkan tubuhnya seperti gelombang untuk dapat berenang.

Semoga artikel tentang bagaimana cara berenang satwa air ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .



SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE
Cara berenang satwa air
Gambar tentang bagaimana cara berenang satwa air

loading...
Bagaimana cara berenang satwa air? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown