Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday 21 August 2015

Pengertian Ekolokasi

loading...

PENGERTIAN EKOLOKASI
Wah, ketemu lagi nih dengan Ahli Artikel yang akan memberikan artikel yang mudah-mudahan akan menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Artikel yang akan di bagikan kali ini berjudul Pengertian Ekolokasi. Mari, langsung saja di baca sampai habis artikel yang berjudul Pengertian Ekolokasi di bawah ini.

Apa pengertian dari ekolokasi itu?
Pengertian Ekolokasi| Sebelum kita bahas apa pengertian ekolokasi, terlebih dahulu akan diberikan contoh dan pembahasan tentang binatang air yang menggunakan sistem ekolokasi dalam mencari mangsa. Dalam hal ini, akan diberikan contoh yaitu Ikan paus dan ikan lumba-lumba.

Cara ikan paus dan ikan lumba-lumba berburu dengan sistem ekolokasi
Cara ikan paus dan ikan lumba-lumba berburu| Meskipun mirip ikan, lumba-lumba sebetulnya adalah mamalia. Tapi lumba-lumba kerap kali di sebut sebagai Ikan lumba-lumba. Ikan lumba-lumba dan ikan paus kerabatnya, merupakan keturunan dari pemangsa yang mirip kucing yang kembali ke laut sekitar kurang lebih 55 juta tahun yang lalu. Seperti kebanyakan mamalia, ikan paus dan ikan lumba-lumba merupakan mahluk yang suka hidup bergerombol (mahluk sosial). Mamalia ini berburu dalam kelompok, dan bahkan mereka mempunyai bahasa sendiri. Ikan paus dan ikan lumba-lumba dapat menemukan mangsanya dengan menggunakan ekolokasi. Tapi sebenarnya apa sih pengertian ekolokasi itu?

Pengertian Ekolokasi
Pengertian Ekolokasi| Ekolokasi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh beberapa jenis binatang (dalam hal ini contohnya adalah ikan lumba-lumba dan ikan paus) untuk menentukan letak suatu objek di sekitarnya. Beberapa pengertian Ekolokasi lainnya adalah, ekolokasi atau biasa yang disebut biosonar merupakan suatu penggunaan gelombang suara untuk menentukan letak mangsa. Gelombang suara yang telah dikeluarkan kemudian di pantulkan kembali ke ikan paus atau ikan lumba-lumba itu, jaraknya dapat ditentukan tergantung dari seberapa cepat gelombang pantulan tersebut kembali ke ikan yang mengeluarkan gelombang itu.

Karena telah mengetahui pengertian ekolokasi, beberapa ilmuwan telah menerapkan sistem ekolokasi pada sonar kapal laut dimana sonar tersebut digunakan untuk menentukan lokasi kapal lain dan menentukan berapa kedalaman laut.

Demikianlah artikel mengenai pengertian ekolokasi, semoga bermanfaat. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .

SUMBER ARTIKEL PENGERTIAN EKOLOKASI:
- BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE


Ikan lumba-lumba memakai sistem ekolokasi untuk berburu
Gambar tentang Pengertian Ekolokasi


loading...
Pengertian Ekolokasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown