Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday 21 August 2015

Bagaimana ikan yang hidup di kedalaman laut menangkap mangsa?

loading...

Bagaimana ikan yang hidup di kedalaman laut menangkap mangsa| Sekitar 12 persen dari seluruh jenis ikan tinggal di kegelapan abadi pada kedalaman samudra, 900 meter atau lebih di bawah air permukaan yang penuh zat hara. Pada kedalaman itu makanan sangat langka sehingga ikan dan binatang lain di situ menjadi terampil dalam berburu tanpa memboroskan tenaga. Ada yang dapat melayang dalam air tanpa menggerakkan siripnya, ada yang tinggal di dasar samudra selama hidup dan memakai siripnya sebagai kaki untuk merayap untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kebanyakan mahluk air dan ikan yang tinggal di kedalaman laut memiliki ukuran mata yang kecil dan penglihatannya kurang tajam. Tetapi, mahluk itu mempunyai suatu indra khusus yaitu indra pembau yang sangat tajam. Ikan dan binatang air itu dapat merasakan atau mendengar getaran yang sangat lemah sekalipun. Getaran ini menandakan bahwa bisa saja di sekitar ikan dan mahluk air ini terdapat makanan dalam jarak dekat.

Beberapa jenis ikan dan binatang air yang hidup di kedalaman laut
Beberapa jenis ikan dan binatang air yang hidup di kedalaman laut
- Beberapa ikan kecil, yang telah terbiasa memakan mahluk berbioluminesensi (berpendar atau bercahaya) menyelidiki umpan ikan sungut gada yang bercahaya. Setelah ikan kecil itu mendekat untuk mengamati umpan tersebut, ikan sungut gada dengan segera langsung menangkap dan memangsa ikan kecil tersebut.

Ikan sidat paruh kedidi Atlantik biasa melayang tegak tepat di atas dasar laut. Rahangnya yang lunak melengkung ke luar untuk mengait antena udang dan krustasea lain yang kebetulan melintas berenang di dekatnya.

Mulut ikan sidat penelan sama panjang dengan kepalanya sehingga ikan ini dapat menelan hampir semua laut yang sebesar tubuhnya, ikan ini menelan mangsa dengan cara yang hampir mirip seperti ular. Ekor ikan sidat yang seperti cambuk ini mendorong tubuhnya sepanjang dasar samudra.

Banyak ikan yang tinggal
di kedalaman laut, memiliki perut buncit dan bisa memakan gurita. Ikan ini mempunyai mulut lebar dan perut yang dapat mengembung sehingga ikan ini dapat memanfaatkan mangsa yang jarang didapatkan itu. Beberapa ikan di wilayah kedalaman laut ini juga memakan bangkai binatang yang teggelam dari atas.

Ikan laba-laba. Ikan penghuni dasar ini bertengger dengan sirip ekor dan sirip dadanya, sambil melawan arus dasar laut samudra, sirip dadanya yang mirip kaki laba-laba ini digunakan sebagai jaring, untuk menangkap krustasea kecil yang hanyut terbawa arus dasar laut samudra.

Sekianlah artikel mengenai Bagaimana ikan yang hidup di kedalaman laut menangkap mangsa ini, semoga bisa bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Ikan yang hidup di dasar laut dalam menemukan mangsa
Gambar tentang Bagaimana ikan yang hidup di kedalaman laut menangkap mangsa

loading...
Bagaimana ikan yang hidup di kedalaman laut menangkap mangsa? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown