Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 7 September 2015

PENGERTIAN SENI

loading...


Halo para pembaca, pada kesempatan kali ini Ahli Artikel akan membagikan artikel yang berjudul Pengertian Seni, silahkan simak pembahasan artikelnya di bawah ini.

Pengertian Seni
Pengertian Seni| Seni adalah kekuatan pribadi seseorang yang memiliki kreatifitas, ditambah lagi dengan keahlian orang yang bersangkutan dalam tugas untuk menampilkan karyanya. Dengan kata lain, pengertian seni dapat disimpulkan sebagai kemampuan dan kemahiran dari seseorang dengan maksud untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimiliki ooleh orang yang bersangkutan dalam tugas dan fungsinya sebagai seorang seniman.

Secara etimologi, seni berasal dari kata “Arts” (bahasa Inggris) dan “Artes” (bahasa Yunani) yang memiliki arti kemahiran yang diperoleh seseorang dari bakat dan pengalaman . Seni merupakan sesuatu yang sulit untuk diukur nilainya, sebab nilai suatu karya seni biasanya berbeda-beda antara satu orang dan lainnya tergantung dari selera, nilai keindahan, bahkan dari ketertarikan dari individu yang menilai karya seni itu. Itulah mengapa karya seni sangat susah dinilai dan diberi parameter, sebab semua faktor-faktor yang disebutkan tadi selalu berbeda dari setiap orang.

Karena pengertian seni yang sangat bervariasi, beberapa ahli juga turut membantu dalam mendefinisikan pengertian seni. Dibawah ini merupakan pendapat-pendapat dari para ahli mengenai pengertian seni.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli
Di bawah ini akan diuraikan bebrapa pendapat mengenai apa pengertian seni menurut para ahli:
-    Pengertian Seni menurut Padmapusphita:
Seni memiliki arti sebagai kemampuan luar biasa yang dimiliki atau merupakan keahlian bawaan sejak lahir. Hal ini dapat disimpulkan dengan melihat asal kata seni yaitu “genie” (bahasa belanda), dan bahasa Latinnya yaitu “genius”.

-    Pengertian seni menurut Prof. Drs. Suwaji Bastomi:
Seni adalah semua kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang ditampilkan dalam bentuk yang agung dan harus memiliki daya pembangkit rasa haru sekaligus takjub.

-    Pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara:
Seni adalah hasi dari keindahan yang mampu menggerakkan perasaan seseorang mengenai keindahan bagi yang menyaksikannya. Itulah mengapa perbuatan manusia bisa sangat mempengaruhi dalam menumbuhkan perasaan yang indah. Itulah seni.

-    Pengertian seni menurut Plato dan Rousseau:
Seni adalah hasil tiruan dari alam dari semua seginya.

-    Pengertian seni menurut Leo Tolstoy:
Seni merupakan suatu ungkapan perasaan pencipta yand diungkapkan pada orang lain dengan harapan mereka bisa turut merasakan segala sesuatu yang dirasakan oleh penciptanya.

-    Pengertian seni menurut Aristoteles:
Seni adalah segala usaha dalam meniru alam, tetapi harus ideal

-    Pengertian seni menurut Emmanuel Kant:
Seni adalah impian, dimana impian tersebut tidak dapat direalisasikan dengan suatu rumus-rumus tertentu.

Nah, itulah artikel yang membahas Pengertian Seni, semoga artikel ini bisa menghilangkan rasa haus pengetahuan para pembaca sekalian.
SELAMAT BELAJAR. . . . .

Pengertian Seni
Gambar tentang Pengertian Seni

loading...
PENGERTIAN SENI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown