Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 7 September 2015

PENGERTIAN SISTEM

loading...

PENGERTIAN SISTEM
Halo teman-teman kali ini Ahli Artikel akan membahas sebuah artikel yang berjudul pengertian sistem. . .
Untuk membaca penjelasan artikel tentang pengertian sistem , silahkan simak di bawah ini. . .

Pengertian sistem
Pengertian sistem| Kata sistem, biasanya sering kita dengar di kehidupan sehari-hari. Baik di dalam kegiatan bisnis, pendidikan, pemerintahan, politik, dan berbagai kegiatan lainnya. Biasanya sistem diartikan sebagai suatu rangkaian susunan yang berkesinambungan dan saling berkaitan, terautr dan menyeluruh (global). Defenisi sistem juga biasa diartikan sebagai suatu rangkaian kenyataan-kenyataan, prinsip-prinsip, peraturan-peraturan, mulai dari perencanaanya, tatacaranya, jalan pelaksanaan pekerjaannya sampai pada fungsi sistem tersebut.

Bagaimana pengertian sistem menurut para ahli? Simak beberapa pendapat ahli tentang pengertian sistem di bawah ini:
1.    Pengertian sistem menurut Gabriel A. Almond dan Bingham G Powell adalah, suatu sistem memperlihatkan hubungan antara bagian dan pembatasan antar bagian tersebut dengan lingkungannya.
2.    Menurut Prof Pamudji, pengertian sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang kompleks atau terorganisasi. Suatu himpunan atau perpaduan dari hal-hal yang akan membentuk suatu kebulatan yang utuh.
3.    Pengertian sistem menurut Prof. Prajudi adalah, suatu jaringan dari prosedur-prosedur yang berhubungan satu sama lain menurut skema bulat yang digunakan untuk menggerakkan suatu fungsi utama dari suatu usaha atau urusan.
4.    Menurut Prof. Sumantri pengertian sistem yaitu, sekelompok bagian-bagian yang bekerja secara bersama-sama untuk melakukan suatu maksud dan tujuan. Apabila salah satu bagian rusak atau tidak dapat menjalankan tugasnya, maka tujuan yang hendak dicapai tidak akan terpenuhi, atau setidaknya sistem yang telah terbangun akan mendapatkan gangguan.
5.    Pengertian sistem menurut W.J.S Poerwadarminta adalah, Sekelompok bagian-bagian yang bekerja secara bersama untuk melakukan sesuatu maksud atau tujuan.
6.    Menurut Drs. Musanef pengertian sistem ialah, suatu sarana yang menguasai keadaan dan pekerjaan agar dalam menjalankan tugas dapat teratur. Beliau juga mendefenisikan sistem sebagai suatu tatanan dari hal-hal yang paling berkaitan dan berhubungan sehingga membentuk satu keseluruhan.

Dengan melihat berbagai pendapat diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa pengertian sistem adalah suatu kesatuan yang utuh dari sesuatu rangkaian yang saling terkait satu sama lain. Bagian atau anak cabang dari suatu sistem, akan menjadi induk sistem dari rangkaian selanjutnya. Begitulah seterusnya sampai bagian terkecil, Rusaknya salah satu bagian dari sistem, dapat mengganggu kestabilan kinerja sistem itu sendiri.
Demikianlah pembahasan artikel mengenai pengertian sistem ini. Semoga setelah membaca artikel ini, para pembaca bisa memahami pengertian sistem ini.
SELAMAT BELAJAR. . . .
Sumber: Buku Ilmu Administrasi Publik, oleh Inu Kencana Syafiie-Djamaludin Tandjung-Supardan Modeong, Rineka CIPTA (1999)

Pengertian Sistem
Gambar tentang Pengertian Sistem

loading...
PENGERTIAN SISTEM Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown