Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 15 October 2015

ILMU NEGARA DAN HUBUNGANNYA DENGAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK

loading...

ILMU NEGARA DAN HUBUNGANNYA DENGAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK
Hai teman-teman, kali Ahli Artikel akan memberikan sebuah artikel yang berjudul Ilmu Negara  Dan Hubungannya Dengan Ilmu Administrasi Publik. Silahkan baca penjelasan artikel selengkapnya di bawah ini.

Ilmu Negara  Dan Hubungannya Dengan Ilmu Administrasi Publik
Ilmu Negara adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana suatu persekutuan, kelembagaan dari suatu keluarga besar rakyat, yang terdiri dari beberapa orang yang kuat dan lemah, yang telah memiliki  suatu susunan kekuasaaan, kedaulatan, dan keabsahan baik dari dalam maupun dari luar negeri, dan beberapa orang tersebut tinggal bersama-sama atau berkelompok di wilayah tertentu dan terkendali dalam rangka mewujudkan cita-cita rakyatnya.

Objek ilmu negara adalah kontitusi di dalam pengkajian timbul dan tenggelamnya suatu negara. Ilmu negara  mempunyai sifat yang universal tetapi statis, oleh karena itu perlu suatu sistem dalam menyelenggarakan administrasinya yaitu sistem administrasi publik. Sistem administrasi publik dapat berubah mengikuti suatu kondisi dan situasi ruang dan waktu .

Ilmu negara dan hubungannya dengan ilmu administrasi publik dapat dilihat dari objek materialnya yang sama, yaitu negara itu sendiri, dan untuk membedakan ilmu negara dan ilmu administrasi publik dapat dilihat dari objek formalnya yang menjadi sudut pandang atau focus of interest yang menjadi pembeda antara ilmu negara dan ilmu administrasi publik ini.

Perbedaan Ilmu Negara dan Ilmu Administrasi Publik

Konstitusi merupakan sudut pandang ilmu negara, sehingga pada tingkat lanjut akan menjadi kajian bagi para sarjana hukum karena memiliki sifat “aturan” yang bersifat baku. Sedangkan sistem pelayanan penyelenggaraan administrasi dan organisasi publik merupakan sudut pandang ilmu administrasi publik, sehingga pada tingkat lanjutannya  akan menjadi objek kajian bagi para politikus, negarawan, dan birokrat. Selain itu ilmu administrasi publik juga bersifat dinamis.

Begitulah sedikit penjelasan artikel mengenai Ilmu Negara Dan Hubungannya Dengan Ilmu Administrasi Publik. Semoga bisa menambah pengetahuan para pembaca.
SELAMAT BELAJAR. . . . .

Sumber: Buku Ilmu Administrasi Publik, oleh Inu Kencana Syafiie-Djamaludin Tandjung-Supardan Modeong, Rineka CIPTA (1999).

Ilmu Negara Dan Hubungannya Dengan Ilmu Administrasi Publik
Gambar tentang Ilmu Negara Dan Hubungannya Dengan Ilmu Administrasi Publik



loading...
ILMU NEGARA DAN HUBUNGANNYA DENGAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown