Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday 16 October 2015

ILMU POLITIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA

loading...

ILMU POLITIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA
Hai para pembaca, pada kesempatan kali ini Ahli Artikel akan memberikan sebuah artikel pendidikan yang berjudul Ilmu Politik Dan Hubungannya Dengan Ilmu Administrasi Negara. Silahkan simak penjelasan artikelnya dibawah ini.

Ilmu Politik Dan Hubungannya Dengan Ilmu Administrasi Negara
Menurut Ponsioen, pemerintah memegang suatu peranan penting dalam suatu pembangunan nasional, yaitu dalam suatu penentuan kebijakan. Kemudian menurut Apter, suatu proses penentuan dan pengambilan kebijakan disebut pemerintahan. Dan lebih lanjut lagi menurut Waldo, proses pelaksanaan kebijakan tersebut dinamakan bussines side . Pemerintahan juga bisa dinamakan administrasi publik dan biasa juga disebut sebagai administrasi pemerintahan.

Dari beberapa pendapat yang tercantum diatas, dapat terlihat bahwa fungsi politik yang dijalankan pemerintah adalah menetapkan suatu kebijaksanaan. Sedangkan fungsi administrasi yang dijalankan pemerintah adalah untuk melaksanakan suatu kebijaksanaan.  Hal ini sangat relevan dengan pendapat F.J. Goodnow yang tertuang dalam bukunya yang berjudul Politics and administration, yang menyatakan bahwa fungsi pokok suatu pemerintah sangat berbeda antara satu dan yang lainnya, yaitu politik dan administrasi. Fungsi pemerintahan sebagai politik adalah untuk melahirkan suatu kebijakan atau keinginan negara (the formulation of the will of the stated), sementara fungsi pemerintahan sebagai sebagai administrasi adalah menyelenggarakan kebijakan suatu kehendak negara (the execution of the will of the stated).

Ilmu politik dan ilmu administrasi publik dapat dilihat hubungannya dari banyaknya timbul suatu permasalahan dan keresahan di kalangan masyarakat. Hal ini bisa terjadi karena kegiatan administrasi publik dan banyaknya campur tangan politik dalam suatu kehidupan masyarakat.

Syarat-syarat penyelesaian tugas, fungsi kewajiban, wewenang, dan tanggung jawab para pejabat administrasi publik di antaranya ditentukan oleh keberadaan suatu politik praktis itu sendiri, yaitu bahwa perbuatan para pejabat administrasi publik tidak boleh bertentangan dengan budaya politik yang berlaku, kalau tidak demikian akan berakibat sebagai suatu terobosan yang berefek pada kegoyahan politik sendiri. Selain itu, tidak satu pun daripada keputusan dan perbuatan administrasi publik yang boleh dilakukan tanpa suatu dasar ketentuan undang-undang tertulis yang telah diatur oleh para politikus.

Namun, ilmu politik dan ilmu administrasi publik memiliki kaitan yang erat karena memiliki kesamaan pokok pembahasan yaitu masalah kenegaraan. Dengan kata lain, objek materinya sama-sama negara, namun keduanya berbeda dalam objek forma. Ilmu politik menitik beratkan pada kekuasaan, sedangkan ilmu administrasi publik menitik beratkan pada pelayanan, sehingga ada kemungkinan bahwa pendekatan kekuasaan dapat digeser oleh pendekatan pelayanan.

Demikianlah penjelasan artikel yang berjudul Ilmu Politik Dan Hubungannya Dengan Ilmu Administrasi Negara. Semoga bisa menambah pengetahuan para pembaca.
SELAMAT BELAJAR. . . .

Sumber: Buku Ilmu Administrasi Publik, oleh Inu Kencana Syafiie-Djamaludin Tandjung-Supardan Modeong, Rineka CIPTA (1999).



Ilmu Politik Dan Hubungannya Dengan Ilmu Administrasi Negara
Gambar tentang Ilmu Politik Dan Hubungannya Dengan Ilmu Administrasi Negara

loading...
ILMU POLITIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown