Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Friday 4 December 2015

PENGERTIAN KEBIJAKAN PUBLIK

loading...

PENGERTIAN KEBIJAKAN PUBLIK
Pada kesempatan kali ini, Ahli Artikel akan membagikan artikel yang menjelaskan mengenai Pengertian Kebijakan Publik. Untuk dapat lebih memahami apa Pengertian Kebijakan Publik mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Kebijakan Publik
Pengertian Kebijakan Publik| Hingga saat ini, kita dapat menemukan ribuan pengertian kebijakan publik atau kebijakan negara. Karena banyaknya pengertian kebijakan publik ini, hingga akhirnya membuat kita kesulitan untuk mendapatkan defenisi yang benar-benar memuaskan. Hal itu terjadi karena sifatnya yang terlalu luas, kabur, atau karena tidak spesifik dan operasional.  Secara luas, Jones memberikan kutipannya tentang pengertian kebijakan publik yaitu hubungan di antara unit pemerintahan tertentu dengan lingkungannya. Setelah membaca kutipan Jones di atas, para pembaca pasti masih bingung dalam memahami apa sebenarnya hakikat kebijakan publik. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan beberapa ahli mengenai pengertian kebijakan publik di bawah.

Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli
Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli | Thomas R. Dye memberikan penjelasannya mengenai pengertian kebijakan publik, yaitu suatu proses pemiilihan tindakan apapun yang akan dilakukan atau tidak ingin dilakukan oleh pemerintah. Penjelasan Thomas R. Dye mengenai pengertian kebijakan publik ini,sebenarnya sudah cukup akurat, namun belum cukup memadai untuk mendeskripsikan kebijakan publik, sebab masih ada kemungkinan adanya perbedaan pendapat yang cukup besar antara apa yang ingin dilakukan oleh pemerintah dan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, pengertian kebijakan publik ini juga turut memasukkan tindakan-tindakan yang biasanya tidak dianggap sebagai masalah-masalah kebijakan, seperti pengangkatan pegawai, dan pemberian izin.

W.I. Jenkins merumuskan pengertian kebijakan publik sebagai serangkaian keputusan yang saling berkaitan, dan yang diambil oleh seorang aktor politik atau sekelompok aktor politik berkenaan dengan tujuan yang telah dipilih, serta cara-cara yang dilakukan untuk mencapainya dalam suatu situasi di mana keputusan-keputusan itu pada dasarnya masih berada di dalam batas-batas kewenangan kekuasaan dari para aktor politik tersebut.

Chief J.O. Udoji, menjelaskan pendapatnya tentang pengertian kebijakan publik sebagai suatu tindakan bersanksi yang mengarah pada suatu tujuan tertentu, dan diarahkan pada suatu masalah atau sekelompok masalah tertentu yang saling berkaitan dan mempengaruhi sebagian besar warga masyarakat.

Anderson turut menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian kebijakan publik, yaitu sebagai suatu kebijakan yang dikembangkan atau dirumuskan oleh instansi-instansi serta pejabat-pejabat pemerintah. Dalam hal ini aktor-aktor yang tidak termasuk di dalam pemerintah juga dapat mempengaruhi perkembangan atau perumusan suatu kebijakan negara.

Begitulah artikel yang menjelaskan tentang pengertian kebijakan publik. Semoga bisa memberikan manfaat kepada semua sahabat pembaca. . . .
SELAMAT BELAJAR. . . . . 

Sumber:  Buku Analisis Kebijaksanaan-Dr.Solichin Abdul Wahab, M.A.


Pengertian Kebijakan Publik
Gambar tentang Pengertian Kebijakan Publik






loading...
PENGERTIAN KEBIJAKAN PUBLIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown