Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 3 December 2015

PENGERTIAN KEBIJAKAN

loading...

PENGERTIAN KEBIJAKAN
Pada kesempatan kali ini, Ahli Artikel akan membagikan artikel yang membahas mengenai Pengertian Kebijakan. Silahkan di baca lebih lanjut untuk lebih memahami tentang Pengertian Kebijakan.

Pengertian Kebijakan
Pengertian Kebijakan| Dalam tata cara penggunaannya, kata kebijakan (policy) sering kali tertukar dengan istilah-istilah lain seperti tujuan (goals),  keputusan, program, ketentuan, undang-undang, usulan, dan rancangan besar. Bagi para pembuat kebijakan (policy makers), istilah-istilah itu tidak akan menimbulkan masalah apapun karena mereka menggunakan referensi yang serupa. Tetapi, bagi beberapa orang yang berada di luar struktur pengambilan kebijakan, istilah-istilah tersebut mungkin akan membingungkan bagi mereka.

Menurut Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), pengertian kebijakan dapat diartikan sebagai suatu pedoman untuk bertindak. Pedoman itu bisa saja sangat sederhana atau kompleks, bersifat umum atau khusus, luas atau sempit, longgar atau terperinci, kabur atau jelas, bersifat kualitatif atau kuantitatif, publik atau privat. Dalam makna seperti ini pengertian kebijakan dapat diartikan sebagai suatu deklarasi mengenai suatu dasar pedoman bertindak, suatu arah tindakan tertentu, program mengenai aktivitas tertentu, atau rencana tertentu.

Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli
Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli - Seorang ahli yang bernama James E. Anderson, merumuskan pengertian kebijakan sebagai suatu perilaku dari sejumlah aktor (pejabat, kelompok, instansi pemerintah) atau serangkaian aktor dalam suatu bidang tertentu.

Menurut Prof. Heinz Eulau dan Kenneth Prewitt yang dikutip oleh Charles O. Jones, pengertian kebijakan adalah “a standing decision characterized by behavioral consistency and repetitiveness on the part of both those who make it and those who abide by it” dan jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, maka kita akan melihat pengertian kebijakan yaitu “ suatu keputusan yang ditandai dengan konsistensi dan pengulangan perilaku pada kedua pihak, baik dari mereka yang membuatnya dan orang-orang yang mematuhi itu”

Menurut Carl Friedrich, pengertian kebijakan adalah suatu tindakan yang berarah pada suatu tujuan yang diusulkan oleh seseorang, kelompok, atau pemerintah dalam lingkungan tertentu sehubungan dengan adanya hambatan tertentu sambil mencari peluang-peluang untuk mencapai tujuan atau mewujudkan sasaran yang diinginkan.

Hampir sama dengan definisi Friedrich di atas, Anderson turut memberikan pendapatnya mengenai pengertian kebijakan, yaitu sebagai langkah tindakan yang secara sengaja dilakukan oleh seorang aktor atau sejumlah aktor berkenan dengan adanya suatu masalah atau persoalan tertentu yang sedang dihadapi.


Demikianlah pembahasan artikel yang berjudul Pengertian Kebijakan. Semoga bermanfaat.
SELAMAT BELAJAR. . . .

Sumber:  Buku Analisis Kebijaksanaan-Dr.Solichin Abdul Wahab, M.A.


Pengertian Kebijakan
Gambar tentang Pengertian Kebijakan


loading...
PENGERTIAN KEBIJAKAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown