Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 7 April 2016

KENAPA ATMOSFER BEREDAR?

loading...

KENAPA ATMOSFER BEREDAR?
Saat ini, Ahli Artikel akan memberikan artikel yang akan menjelaskan mengenai Kenapa Atmosfer Beredar. Dan tanpa perlu berlama-lama silahkan langsung di baca di bawah ini.

Kenapa Atmosfer Beredar
Kenapa Atmosfer beredar| Atmosfer bumi beredar dalam berbagai lingkaran raksasa. Salah satu bentuk lingkaran peredaran atmosfer bumi disebut sel Ferrel, udara yang bergerak  sepanjang permukaan bumi menuju ke salah satu kutub dan kembali tinggi di atmosfer. Pada mata lingkaran peredaran atmosfer yang disebut dengan sel Hadley, edaran atmosfernya bergerak seperti sel Ferrel tetapi arahnya terbalik. Edaran ini terjadi karena karena sinar matahari yang tidak merata memanaskan permukaan bumi. Pada kutub utara dan kutub selatan, bumi melepaskan lebih banyak panas ke luar angkasa daripada yang diterimanya dari matahari, sedangkan di khatulistiwa, bumi menyerap lebih banyak panas daripada yang dilepaskan. Hal inilah yang menyebabkan atmosfer di atas kutub lebih dingin jika dibandingkan dengan atmosfer di atas khatulistiwa. 

Jika atmosfer bumi tidak bergerak, udara di atas kutub utara dan kutub selatan akan menjadi lebih dingin lagi, sedangkan udara di khatulistiwa menjadi semakin panas. Tetapi, kenyataannya adalah udara panas dari khatulistiwa naik dari permukaan bumi dan bergerak kearah kutub yang lebih dingin, sehingga udara yang lebih dingin di atas kutub akan terdorong ke khatulistiwa melalui permukaan bumi. Proses peredaran atmosfer atau perpindahan udara ini disebut konveksi. Proses konveksi ini memindahkan banyak kelebihan panas dari khatulistiwa ke kedua kutub dan menjaga agar suhu-suhu di permukaan bumi menjadi seimbang.

Jika bumi tidak berputar, atmosfer hanya akan beredar dari khatulistiwa ke kutub. Tetapi bumi berputar, dan perputaran bumi menghasilkan enam lingkaran atau enam sel pada tiap belahan bumi.

Pola Peredaran Umum 
Udara hangat di khatulistiwa naik dan bergerak menuju kutub. Ketika mencapai garis 30 derajat lintang utara atau selatan, udara itu cukup mendingin untuk kembali turun ke bumi. Sebagian besar udara ini kembali ke khatulistiwa dalam pola peredaran yang disebut sel Hadley, tetapi selebihnya bergerak ke kutub. Pada sekitar garis lintang 60 derajat, udara ini bertabrakan dengan udara dingin dari kutub, udara itu kemudian naik dan kembali ke khatulistiwa dalam aliran yang disebut sel Ferrel. Udara kutub, yang menyerap panas dari bumi, juga naik dan kembali ke sumbernya serta membentuk sel peredaran kutub.

Demikianlah pemaparan artikel yang berjudul Kenapa Atmosfer Beredar?  Semoga bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada para pembaca setia Ahli Artikel.
SELAMAT BELAJAR. . . . . . .

SUMBER: BUKU CUACA DAN IKLIM-HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE


Mengapa Atmosfer Beredar
Gambar tentang Mengapa Atmosfer Beredar




loading...
KENAPA ATMOSFER BEREDAR? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown