Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 7 April 2016

UDARA BERGERAK

loading...

UDARA BERGERAK
Sekarang, Ahli Artikel menyediakan artikel sebagai sarana untuk menambah pengetahuan tentang Udara Bergerak. Bagaimana penjelasan artikel mengenai Udara Bergerak ini? Simak penjelasan di bawah ini.

Udara Bergerak
Udara Bergerak| Udara adalah suatu bahan yang memiliki peran membentuk lapisan atmosfer yang ada di bumi, selimut pelindung kehidupan di bumi melawan kerasnya angkasa luar. Udara itu tidak bisa dilihat karena tidak memiliki wujud. Tetapi bisa dipastikan bahwa udara itu memang ada. Untuk bisa mengetahui adanya udara, kita cukup merasakan aliran udara itu jika udara itu bergerak. Seperti yang kita rasakan jika berdiri di pesisir pantai, maka kita akan merasakan hembusan udara bergerak (angin) itu di seluruh badan kita, termasuk baju dan rambut kita yang melambai-lambai karena terkena hembusan angin.

Hembusan angin sepoi-sepoi yang mengeringkan cucian yang di jemur di tali jemuran, angin pasat yang perkasa berhembus dan melintasi samudra, dan arus jet (arus sembur atau arus jet) di angkasa tinggi yang akan mengubah cuaca permukaan pada setiap perubahan arahnya. Semuanya itu merupakan udara bergerak yang menjadi bahan pembentuk lapisan atmosfer bumi. Aliran udara naik yang bergerak dengan sangat kuat dari khatulistiwa yang dipanaskan oleh matahari menghangatkan bagian lain planet ini dan mengangkut debu serta pasir yang mengelilingi bumi. Pergerakan udara yang disebut angin, datang dari samudra dan membawa uap air melintasi benua-benua, kemudian akan menghasilkan hujan dan salju.

Mengapa tercipta angin?
Udara bergerak (angin) karena matahari menghangatkan bumi secara tidak merata. Hanya sedikit panas yang diterima atmosfer secara langsung dari matahari. Sebagai gantinya, matahari yang berperan menghangatkan bumi, sementara bumi memancarkan panas itu ke udara di angkasa. Hal ini akan menyebabkan udara menjadi hangat dan bergerak naik. Di bawahnya terciptalah suatu wilayah yang memiliki tekanan yang rendah, kemudian udara yang bertekanan rendah itu akan menarik lebih banyak udara yang lebih dingin dari daerah lain pada bagian dimana bumi tidak menyerap panas sama banyaknya dari matahari atau tidak memancarkan panas sama banyaknya ke atmosfer. Gerakan ini dapat terjadi pada berbagai tingkat. Pada skala lokal, angin yang berhembus antara sebuah danau dan pantai yang berpasir menciptakan angin lembut yang sepoi. Pada skala global, aliran udara dari khatulistiwa yang hangat menuju ke kutub yang bersuhu sangat dingin dan menciptakan peredaran atmosfer secara luas.

Angin yang paling kuat, hebat dan dahsyat adalah angin dalam tornado. Pusaran angin raksasa yang sering terjadi pada saat sepanjang musim semi di wilayah bagian tengah Amerika Serikat ini memiliki kekuatan yang sangat kuat sehingga saking kuatnya kekuatan angin tornado ini mampu mengangkat beberapa benda berat seperti mobil terbang ke angkasa.

Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang udara bergerak ini. Semoga saja artikel yang dibagikan oleh Ahli Artikel ini bisa menambah pemahaman dan pengetahuan para pembaca mengenai angin.
SELAMAT MEMBACA. . . . . .


SUMBER: BUKU CUACA DAN IKLIM-HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

udara bergerak
Gambar tentang Udara Bergerak


loading...
UDARA BERGERAK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown