Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday 9 November 2016

JENIS ENZIM, LOKASI ENZIM, DAN ATP SINTETASE

loading...

 JENIS ENZIM, LOKASI ENZIM, DAN ATP SINTETASE
Selamat datang seluruh sahabat pembaca, kali ini kalian akan disuguhkan oleh Ahli Artikel mengenai artikel yang berjudul Jenis Enzim, Lokasi Enzim, Dan ATP Sintetase. Nah, biar gak lama penasaran, langsung saja yuk kita baca artikel yang berjudul Jenis Enzim, Lokasi Enzim, Dan ATP Sintetase di bawah ini.

Jenis Enzim, Dan Lokasi Enzim
Jenis Enzim, Dan Lokasi Enzim| Berbagai jenis enzim terdapat di dalam mitokondria, dengan lokasi tertentu. Membran luar berisi enzim-enzim monoamine oksidase, asam lemak tiokinase, kinurenin hidroksilase, rotenone-insensitif sitokrom c reduktase. Ruang antar membran berisi enzim-enzim adenilat kinase, dan nukleosid difosfoskinase. Membran dalam berisi enzim untuk rantai respirasi, enzim untuk sintesis ATP, asam a-ketohidrogenase, suksinat dehidrogenase, D-B-hidroksibutirat dehidrogenase, asam lemak karnitin transferase. Matriks mengandung enzim-enzim komplek piruvat dehidrogenase, sitrat sintase, isositrat dehidrogenase, fumarase, malat dehidrogenase, akonitase, glutamate dehidrgoenase, dan enzim-enzim untuk oksidasi asam lemak.

Dari beberapa enzim yang terdapat pada membran luar, monoamine oksidase merupakan enzim tanda bagi membran luar. Monoamin oksidase mengandung flavin, asam sialat, dan heksoamin. Enzim ini mempunyai berat molekul sampai 115.000 dalton.

Membran dalam, meskipun lebih kompleks dari membran luar, tetapi mempunyai ciri yang lebih baik. Yang merupakan tanda bagi membran dalam adalah suksinat dehidrogenase. Beberapa enzim lain seperti enzim-enzim yang terlibat dalam rantai transport elektron dan fosforilasi oksidatif merupakan protein membran.

Matriks mitokondria berisi enzim-enzim untuk reaksi daur Kreb dan berkenaan dengan sintesis protein maupun asam inti. Semua enzim yang terlibat dalam daur Kreb merupakan enzim yang bebas di dalam matriks, kecuali suksinat dehidrogenase yang merupakan komponen protein membran dalam.

ATP Sintetase
ATP Sintetase| Atp sintetase merupakan komplek enzim dalam membran dalam mitokondria yang terdiri dari 10 popipeptida. Setengahnya merupakan protein intristik dan setengahnya merupakan protein ekstrintik yang menonjol ke dalam matriks. Protein ekstrintik yang menonjol ke dalam matriks ini merupakan suatu agregat dari komplek enzim yang disebut F1 ATP-ase, yakni suatu tempat terjadinya aktivitas ATE-ase. Sedangkan protein intristiknya merupakan agregat yang tidak larut di dalam air dan disebut Fo yang berisi reseptor dengan dua sisi (tempat pengikatan atau site binding), satu untuk oligosimin dan satunya lagi untuk disikloheksilkarbodiimid (DSKD), suatu inhibitor spesifik untuk produksi ATP. Yang satu dengan BM 19.000 dalton, sangat responsible terhadap oligosimin, tempat ini disebut OSCP (oligomycin sensitivity coferring protein), sedangkan yang lain dengan BM 10.000, sangat hidrofobik, suatu tempat pengikatan DSKD.

Dengan mikroskop elektron komplek ATP sintetase, sekarang sudah diketahui bahwa strukturnya berhubungan dengan partikel-partikel bertangkai atau partikel-partikel berkepala (knob). Partikel-partikel berkepala (knoblike) tersebut ternyata adalah partikel F1.

Membran dalam yang rusak akan memperlihatkan adanya gelembung-gelembung kasar dengan struktur berkepala di bagian luarnya. Karena itu dahulu disangka bahwa partikel-partikel tersebut menonjol ke ruang antar membran. Sekarang telah diketahui dengan pasti bahwa gelembung-gelembung kasar itu terjadi karena adanya fragmen Krista mitokondria yang menyambung kembali (memperbaiki diri) setelah Krista itu terputus.

Partikel F1 berukuran 85 nm, dapat dilepas dari gelembung dengan perlakuan dari enzim tripsin atau urea, dan ternyata gelembung-gelembung yang sudah halus (karena kehilangan partikel F1) akan kehilangan aktivitas ATP-ase nya. Dengan perlakuan tertentu dimana partikel F1 dapat dipasang kembali pada gelembung yang sudah halus tadi, ternyata aktifitas ATP-ase timbul kembali. Jadi partikel F1 yang berupa struktur berkepala tadi merupakan lokasi dari aktifitas Atp-ase dan tempat sintesis ATP dalam mitokondira.

Sekian artikel yang mengulas materi mengenai Jenis Enzim, Lokasi Enzim, Dan ATP Sintetase. Semoga bisa melengkapi pengetahuan para pembaca semuanya.
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER ARTIKEL JENIS ENZIM, LOKASI ENZIM, DAN ATP SINTETASE:
- BUKU BIOLOGI SEL - SUMADI - ADITYA MARIANTI - GRAHA ILMU - 2007 

Jenis Enzim, Lokasi Enzim, Dan ATP Sintetase
Gambar tentang Jenis Enzim, Lokasi Enzim, Dan ATP Sintetase


loading...
JENIS ENZIM, LOKASI ENZIM, DAN ATP SINTETASE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown