Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday 9 November 2016

MEMBRAN PLASMA

loading...

MEMBRAN PLASMA
Halo para sahabat pembaca setia Ahli Artikel. Kali ini akan dibagikan artikel yang berjudul Membran Plasma. Nah, biar tidak penasaran mengenai artikel yang dibagikan kali ini, langsung saja yuk, kita baca artikel yang berjudul Membran Plasma di bawah ini.

Membran Plasma
Membran Plasma| Perkembangan membran plasma merupakan tahap yang sangat penting dalam terjadinya bentuk kehidupan di bumi. Tanpa membran plasma sebuah sel tidak akan mungkin melangsungkan kehidupannya. Membran plasma yang membungkus sebuah sel selain membatasi keberadaan sebuah sel, juga memelihara perbedaan-perbedaan pokok antara isi sel dengan lingkungannya. Membran plasma tidak sekedar merupakan sebuah penyekat pasif, melainkan juga sebuah filter yang mempunyai kemampuan memilih dan memilah-milah bahan-bahan yang melintasinya dengan tetap memelihara perbedaan kadar ion di luar dan di dalam sel. Bahan-bahan yang diperlukan oleh sel diperbolehkan untuk masuk ke dalam sel, sedangkan bahan-bahan yang merupakan limbah sel, akan dikeluarkan melintasi sel.

Keberadaan membran plasma sukar dilihat dengan mikroskop biasa, tetapi keberadaan membran plasma dapat dibuktikan pada waktu sel mengalami plasmolisis, atau pada saat sel tumbuhan dihilangkan dinding selnya. Dari segi fisiologis keberadaan membran plasma dapat dilihat dengan adanya permeabelitas selektif terhadap senyawa-senyawa tertentu.

Disamping itu, membran plasma juga memperlihatkan sifat-sifat yang dinamis, antara lain adanya pertumbuhan membran plasma, fragmentasi, diferensiasi, perbaikan dari kerusakan, dan perubahan struktur tiga dimensinya.

Pada organisme multisel, sel-sel tersusun sedemikian rupa menjadi suatu rangkaian yang bekerja sama dan disebut dengan “jaringan”. Sel-sel dalam suatu jaringan umumnya berhubungan satu dengan yang lainnya melalui rangkaian jalinan yang rumit. Sel-sel akan bersinggungan dan berikatan pada tempat-tempat tertentu dalam pertautan antar sel (intercellular junction).

Sel-sel individual dan sel-sel tumbuhan yang telah dihilangkan dinding selnya yakni protoplas yang kebetulan berada dalam satu medium dapat saling berinteraksi dengan melibatkan fungsi membran plasma. Pengalaman menunjukkan bahwa sel-sel yang saling berinteraksi tersebut lalu diteruskan ke keadaan fusi sel. Dari pengalaman fusi sel alami, kini proses fusi sel dapat ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya bersamaan dengan ditemukannya bahan-bahan dan alat-alat pemacu fusi. Sekarang fusi bukanlah merupakan suatu hal baru lagi, dan telah dimanfaatkan orang secara luas dalam bioteknologi.

Diatas tadi adalah serangkaian dari penjelasan artikel yang berjudul Membran Plasma. Semoga para pembaca bisa memahami artikel kali ini.
SELAMAT BELAJAR. . . . 

SUMBER ARTIKEL MEMBRAN PLASMA: 
- BUKU BIOLOGI SEL - SUMADI - ADITYA MARIANTI - GRAHA ILMU - 2007

Membran Plasma
Gambar tentang Membran Plasma


loading...
MEMBRAN PLASMA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown