loading...
ADMINISTRASI PUBLIK DAN PERBEKALAN SEBAGAI UNSURNYA.
Hai teman-teman pembaca sekalian, kali ini Ahli Artikel akan memberikan penjelasan mengenai Administrasi Publik Dan Perbekalan Sebagai Unsurnya. Silahkan baca kelanjutannya di bawah ini.
Administrasi Publik Dan Perbekalan Sebagai Unsurnya
Cabang ilmu administrasi perbekalan mempelajari segenap rangkaian kegiatan penataan pengadaan, pencatatan, pengaturan pemakaian, pemeliharaan, dan penyingkiran benda dalam kerjasama sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Beberapa pokok administrasi perbekalan yang dipersoalkan antara lain adalah:
1. Penentuan kebutuhan perbekalan kerja;
2. Pembakuan dan perincian benda-benda perbekalan;
3. Proses pembelian barang, terdiri dari:
a. Proses penawaran barang,
b. Proses perundingan barang,
c. Proses pembuatan kontrak barang,
d. Proses pembayaran barang;
4. Prosedur pemakaian barang;
5. Pencatatan dan pengurusan barang perbekalan;
6. Perawatan, pemeliharaan, dan penyimpanan barang;
7. Penyingkiran barang yang tidak diperlukan;
8. Pengurusan dan pemeliharaan gedung;
9. Pengurusan pengangkutan dan kendaraan;
10. Penyusunan tata ruang kantor.
Dari pokok-pokok yang di sebutkan diatas, dapat kita himpun suatu kelompok - kelompok pengetahuan yang luas diantaranya adalah administrasi harta benda yang tidak hanya mengurusi barang-barang, tetapi juga mengurusi proses terjadinya korupsi dan kolusi antara pejabat dan pengusaha. Begitu juga dengan administrasi tata ruang kantor (perkantoran) tidak hanya mengurusi meja dan kursi, tetapi juga mengurusi beberapa faktor lain yang mempengaruhi ruang kerja seperti warna, udara, cahaya dan suara.
Jadi perbekalan yang mengelola dan mengatur pengadaan barang dalam suatu kantor memang sangat penting peranannya, karena apabila barang-barang dan peralatan tidak tersedia atau rusak, maka proses produksi tidak akan berjalan lancar. Untuk itu, sebelum intruksi untuk memulai pekerjaan diberikan, perlu dipastikan dan dipersiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan baku harus dipastikan dalam jumlah yang cukup dan mutu yang terpilih.
Begitu pentingnya bagian pengadaan perbekalan ini, sehingga pada suatu organisasi atau kantor harus dipersiapkan khusus pembiayaannya. Hal ini yang membuat munculnya kemungkinan untuk terjadinya korupsi dan kolusi.
Demikianlah artikel yang memberikan penjelasan mengenai Administrasi Publik Dan Perbekalan Sebagai Unsurnya. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semua. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .
Sumber: Buku Ilmu Administrasi Publik, oleh Inu Kencana Syafiie-Djamaludin Tandjung- Supardan Modeong, Rineka CIPTA (1999)
Hai teman-teman pembaca sekalian, kali ini Ahli Artikel akan memberikan penjelasan mengenai Administrasi Publik Dan Perbekalan Sebagai Unsurnya. Silahkan baca kelanjutannya di bawah ini.
Administrasi Publik Dan Perbekalan Sebagai Unsurnya
Cabang ilmu administrasi perbekalan mempelajari segenap rangkaian kegiatan penataan pengadaan, pencatatan, pengaturan pemakaian, pemeliharaan, dan penyingkiran benda dalam kerjasama sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Beberapa pokok administrasi perbekalan yang dipersoalkan antara lain adalah:
1. Penentuan kebutuhan perbekalan kerja;
2. Pembakuan dan perincian benda-benda perbekalan;
3. Proses pembelian barang, terdiri dari:
a. Proses penawaran barang,
b. Proses perundingan barang,
c. Proses pembuatan kontrak barang,
d. Proses pembayaran barang;
4. Prosedur pemakaian barang;
5. Pencatatan dan pengurusan barang perbekalan;
6. Perawatan, pemeliharaan, dan penyimpanan barang;
7. Penyingkiran barang yang tidak diperlukan;
8. Pengurusan dan pemeliharaan gedung;
9. Pengurusan pengangkutan dan kendaraan;
10. Penyusunan tata ruang kantor.
Dari pokok-pokok yang di sebutkan diatas, dapat kita himpun suatu kelompok - kelompok pengetahuan yang luas diantaranya adalah administrasi harta benda yang tidak hanya mengurusi barang-barang, tetapi juga mengurusi proses terjadinya korupsi dan kolusi antara pejabat dan pengusaha. Begitu juga dengan administrasi tata ruang kantor (perkantoran) tidak hanya mengurusi meja dan kursi, tetapi juga mengurusi beberapa faktor lain yang mempengaruhi ruang kerja seperti warna, udara, cahaya dan suara.
Jadi perbekalan yang mengelola dan mengatur pengadaan barang dalam suatu kantor memang sangat penting peranannya, karena apabila barang-barang dan peralatan tidak tersedia atau rusak, maka proses produksi tidak akan berjalan lancar. Untuk itu, sebelum intruksi untuk memulai pekerjaan diberikan, perlu dipastikan dan dipersiapkan semua bahan yang diperlukan. Bahan baku harus dipastikan dalam jumlah yang cukup dan mutu yang terpilih.
Begitu pentingnya bagian pengadaan perbekalan ini, sehingga pada suatu organisasi atau kantor harus dipersiapkan khusus pembiayaannya. Hal ini yang membuat munculnya kemungkinan untuk terjadinya korupsi dan kolusi.
Demikianlah artikel yang memberikan penjelasan mengenai Administrasi Publik Dan Perbekalan Sebagai Unsurnya. Semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca semua. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . .
Sumber: Buku Ilmu Administrasi Publik, oleh Inu Kencana Syafiie-Djamaludin Tandjung- Supardan Modeong, Rineka CIPTA (1999)
loading...