Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Wednesday 19 August 2015

Bagaimana ikan salmon tumbuh?

loading...


Bagaimana ikan salmon tumbuh |Ikan salmon menempuh jarak sangat jauh untuk berbiak. Ketika siap berpijah, ikan salmon Atlantik misalnya, berenang  menempuh jarak 1.600 kilometer lebih dari tempat mencari makan di laut dekat Greenland dan Labrador, Amerika Utara, untuk mencapai sungai tempat kelahirannya  di kedua tepian Atlantik Utara.

Setelah berenang ke hulu, ikan salmon betina mencari tempat dangkal yang dasar sungainya berkerikil dan dialiri air jernih. Dengan menggunakan ekornya, ikan itu menggali ceruk kecil untuk bertelur. Pejantan kemudian mengeluarkan spermanya ke atas telur, dan betinanya segera menutup-nutupi telur-telur yang telah dibuahi itu dengan kerikil. Setelah berpijah, ikan salmon dewasa yang sudah lemah itu hanyut ke hilir; banyak yang mati sebelum mencapai samudra, tetapi ada beberapa yang bertahan hidup dan kemudian bermigrasi serta berpijah lagi.

Bergantung pada suhu air, telur tadi menetas 16 minggu kemudian. Anak salmon itu tetap berada di daerah kelahiran selama mengalami beberapa tahap perkembangan, dan baru kemudian mengikuti arus deras sungai itu menuju laut. Ikan muda itu akan mengalami perubahan dalam tubuhnya supaya mampu hidup di air asin. Setelah mencapai samudra, ikan salmon dapat tumbuh hampir satu meter panjangnya, lalu kembali ke hulu untuk memulai daur perpijahan yang baru.

Proses bertelur hingga tumbuh dewasa ikan salmon
Proses bertelur hingga tumbuh dewasa ikan salmon
- Ikan salmon betina menempatkan beberapa ribu telur sebesar biji kapri di dalam sarang di antara kerikil dasar sungai.

Setelah telur menetas, muncullah nener sepanjang 1,3 sentimeter dan tetap terkubur di antara kerikil. Nener itu akan hidup dari kantong kuning telur selama 4 hingga 8 minggu.

Setelah menghabiskan kuning telur di kantongnya, ikan salmon muda itu meninggalkan dasar sungai berkerikil untuk berburu makanan.

Setelah berumur setahun dan mencapai panjang 5 hingga 10 sentimeter, ikan salmon itu sekarang tersamar dengan belang-belang gelap dan bintik merah.

Sekitar satu tahun kemudian, ikan salmon muda itu kehilangan pola belang-belang yang menyembunyikannya dengan baik di sungai dangkal. Kini ikan itu menjadi ikan salmon dewasa berwarna keperakan yang lebih cocok untuk tujuan berikutnya, yakni laut lepas. Ikan salmon dewasa yang panjangnya 10 hingga 20 sentimeter itu siap melakukan perjalanan menuju laut. Dalam perjalanan itu tubuhnya beradaptasi sehingga sanggup bertahan di air asin.

Kendati kerasnya perjalanan kawin menuju hulu, sejumlah ikan salmon Atlantik bertahan hidup dan dapat kembali ke tempat itu dua kali atau lebih.

Demikianlah artikel tentang Bagaimana ikan salmon tumbuh ini. Semoga bermanfaat. .. .
SELAMAT BELAJAR. .. . . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Ikan salmon
Gambar tentang Bagaimana ikan salmon tumbuh

loading...
Bagaimana ikan salmon tumbuh? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown