Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Thursday 6 August 2015

Apakah semua ikan berdarah dingin?

loading...

APAKAH SEMUA IKAN BERDARAH DINGIN?
Hai, sobat pembaca setia. Semoga kalian tidak bosan bertemu kembali dengan Ahli Artikel yang senantiasa memberikan artikel yang akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kalian. Artikel yang akan dibagikan kali ini berjudul Apakah Semua Ikan Berdarah Dingin. Untuk memahami seluruh isi dari artikel kali ini, silahkan dilanjutkan membaca artikel yang berjudul Apakah Semua Ikan Berdarah Dingin di bawah ini.

Apakah Semua Ikan Berdarah Dingin
Apakah Semua Ikan Berdarah Dingin| Ikan kerap kali disebut “berdarah dingin” karena kebanyakan tidak mampu menyimpan panas tubuh yang dihasilkannya. Sebagian besar panas terbuang melalui insang. Akibat suhu tubuhnya sesuai dengan suhu air.

Tetapi, pada beberapa ikan yang di laut lepas, sistem peredaran darahnya sangat maju sehingga ikan dapat menyimpan panas dalam tubuhnya. Berkat sistem yang disebut rete mirabile (bahasa latin yang berarti jalinan ajaib), ikan mampu mempertahankan suhu tubuh yang tinggi dan lebih kurang tetap.

Kecepatan tuna abu-abu yang luar biasa merupakan hasil dari fungsi anatominya. Untuk jarak pendek, kecepatannya dapat lebih dari 70 kilometer per jam. Berkat sistem peredaran darahnya, suhu tubuh tuna selalu tinggi sehingga ototnya dapat menghasilkan lebih banyak tenaga daripada otot kebanyakan ikan.

Suhu tubuh tuna abu-abu terdapat ditengah-tengah otot merahnya, yang menghasilkan energi paling banyak di antara ototnya yang lain. Rete mirabile membungkus otot merah serta mengedarkan panasnya.

Dalam rete mirabile itu, darah vena tetap hangat karena kumpulan energi mengalir berlawanan arah dengan darah arteri yang dingin dari insang. Di tempat vena bersentuhan dengan arteri, panas dari darah vena pindah ke darah arteri. Dengan demikian, panas diedarkan kembali ke tengah tubuh sehingga berkuranglah hilangnya panas.

Beberapa ikan anggota suku tuna dan tenggiri yang memiliki sistem rete mirabile adalah suku pelagik (yang hidup di laut lepas).

Itulah tadi, beberapa uraian mengenai artikel yang berjudul Apakah Semua Ikan Berdarah Dingin. Semoga artikel tentang apakah semua ikan berdarah dingin ini bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

ikan berdarah dingin
Gambar tentang ikan berdarah dingin

 

loading...
Apakah semua ikan berdarah dingin? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown