Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 17 August 2015

APA PENGERTIAN IKAN HERMAFRODIT ITU?

loading...



APA PENGERTIAN IKAN HERMAFRODIT ITU?
Nah, ketemu lagi dengan Ahli Artikel yang akan membagikan suatu artikel mengenai Apa Pengertian Ikan Hermafrodit itu. Agar bisa memahami isi artikel kali ini, langsung saja yuks kita baca artikel yang berjudul Apa Pengertian Ikan Hermafrodit itu di bawah ini.

Apa Pengertian Ikan Hermafrodit itu
Apa Pengertian Ikan Hermafrodit itu| Seperti ikan kambing-kambing bintik hitam, ikan hamlet adalah contoh hermafrodit, yakni organisme yang mempunyai  organ reproduksi jantan maupun betina (testis dan indung telur). Meskipun memiliki organ reproduksi ganda, ikan hamlet tidak dapat membuahi diri sendiri. Pada petang hari, dua hamlet akan pergi berpasangan dan kawin selama kira-kira 30 menit; dengan bertukar peran jantan dan betina, keduanya bertelur sekitar 10 kali sebelum matahari terbenam.

Dua jenis kelamin dalam satu ikan
Dua jenis kelamin dalam satu ikan| Organ kelamin pada abdomen ikan hamlet menghasilkan telur dan sperma sekaligus. Sperma dihasilkan di testis yang tipis mirip benang, terdapat di bawah ovari (indung telur) yang besar.

Proses kawin ikan hamlet
Proses kawin ikan hamlet- Dua ikan hamlet berpasangan untuk kawin ketika matahari hampir terbenam. Salah satu pasangan berperan sebagai betina, dan berenang mengelilingi pasangannya untuk membujuknya agar naik dari dasar samudra.

Pasangan yang berperan sebagai pejantan berada di atas pasangannya, dan melekukkan tubuhnya untuk memegang pasangannya. Betinanya menyentakkan tubuhnya untuk bertelur. Pada waktu yang sama, pejantan melepaskan sperma untuk membuahi telur itu. Telur yang telah dibuahi kemudian hanyut terbawa air.

Setelah perpijahan yang pertama, ikan hamlet berganti peran. Ikan yang semula menjadi pejantan berganti peran menjadi betina, dan berenang ke atas sambil membujuk pasangannya agar mengikuti.

Pasangan yang bertindak sebagai pejantan mengulangi daur itu: memeluk ikan pasangannya, dan kemudian melepaskan sperma untuk membuahi telurnya.

Sampai di sini pembahasan artikel mengenai Apa Pengertian Ikan Hermafrodit itu, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. . . . .
SELAMAT BELAJAR. . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE


Ikan Hamlet (hermafrodit)
Gambar tentang Apa Pengertian Ikan Hermafrodit itu

loading...
APA PENGERTIAN IKAN HERMAFRODIT ITU? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown