Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 17 August 2015

Mengapa ikan kambing-kambing berganti kelamin?

loading...

Mengapa ikan kambing-kambing berganti kelamin

Mengapa ikan kambing-kambing berganti kelamin| Ikan kambing-kambing bintik hitam hidup dalam kelompok yang terdiri atas satu pejantan dan lebih kurang lima gundik. Pejantannya adalah yang paling besar dan kuat; tidak pernah ada pejantan yang kecil. Kalau pejantannya mati, betina yang paling besar  mengalami perubahan kelamin, dan berubah menjadi ikan kambing-kambing jantan. Telur di dalam tubuhnya diserap, dan pejantan baru itu mulai menghasilkan sperma.

Pengaturan ini merupakan contoh utama hermafroditisme, yaitu cara bereproduksi organisme yang mampu berfungsi sebagai pejantan maupun betina. Kelangsungan hidup kelompok gundik itu terancam  kalau satu-satunya pejantan mati, maka di kalangan ikan kambing-kambing bintik hitam tercipta suatu mekanisme.

Mekanisme pergantian pejantan di kalangan ikan kambing-kambing
Mekanisme pergantian pejantan di kalangan ikan kambing-kambing| Ikan kambing-kambing bintik hitam berpijah pada malam hari. Pejantan dan betina muncul dari dasar dan mengeluarkan sperma dan telurnya hampir serentak ke dalam air. Pejantan kemudian melanjutkan kawin dengan betina lain.

Ketika satu-satunya pejantan para harem itu mati, betina besar mulai menggantikan pejantan itu. Sebagai langkah awalperubahan bentuk, betina itu tumbuh membesar, tetapi warnanya tetap sama, yaitu kuning, dengan ekor berpinggir hitam.

Sekitar seminggu setelah pejantan mati, pada ikan betina yang paling besar tumbuh warna dan pola pejantan. Ikan jantan baru ini mulai memperlihatkan perilaku mendekati ikan betina sebagaimana ikan pejantan asli.

Hanya dua minggu setelah kematian pejantan asli, pada ikan paling besar itu muncullah garis-garis hitam yang menandakan selesainya perubahan kelamin. Ikan jantan baru ini lalu mendekati betina dan membuahi telur dengan spermanya.

Ikan Betina menjadi jantan
Ikan Betina menjadi jantan- Betina dari 200 lebih jenis ikan betina dapat menjadi jantan kalau keadaan memaksa; ilmuwan menyebut individu ini “pejantan terminal”. Kebanyakan jenis ini bersifat poligin, yaitu satu pejantan  biasanya kawin dengan banyak betina. Kerap kali, pejantannya lebih besar. Warna dan pola ikan jantan dan ikan betina sering berbeda.

Ikan jantan menjadi betina
Ikan jantan menjadi betina- Pada sekitar 40 jenis ikan, pejantannya dapat berubah kelamin menjadi betina. Ikan ini biasanya hidup dalam kelompok, dan betinanya merupakan anggota paling besar. Anggota terbesar berikutnya ialah seekor pejantan, sementara anggota kelompok lain adalah ikan yang belum dewasa. Kalau betinanya mati, pejantan itu berubah kelamin menjadi betina; ikan terbesar kedua dalam kelompok itu kemudian tumbuh dewasa sebagai pejantan.

Demikianlah artikel tentang Mengapa ikan kambing-kambing berganti kelamin ini, semoga bermanfaat. 
SELAMAT BELAJAR. . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE
Ikan kambing-kambing yang mampu berubah kelamin
Gambar tentang Mengapa ikan kambing-kambing berganti kelamin



loading...
Mengapa ikan kambing-kambing berganti kelamin? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown