Kumpulan berbagai macam artikel pembelajaran dan artikel unik

Monday 17 August 2015

Apa pengertian parasit seksual pada ikan itu?

loading...


Apa pengertian parasit seksual pada ikan itu| Di kedalaman 3 kilometer lebih di bawah permukaan laut, yang biasanya selalu gelap, menemukan pasangan kawin merupakan keberuntungan belaka. Karena kesulitan ini,  ikan sungut gada jantan menempel pada ikan betina yang pertama dijumpainya. Sejak itu, pejantan kecil ini hidup sebagai parasit pada tubuh ikan betina yang jauh lebih besar, dengan mengisap makanan dari peredaran darahnya. Lama-kelamaan tubuh keduanya bersatu sehingga membentuk semacam hermafrodit dua tubuh. Meskipun cara ini terutama menguntungkan pihak jantan, kedua pihak juga tidak perlu terus menerus mencari pasangan kalau tiba waktunya untuk kawin.

Ikan sungut gada seratoid betina yang besar, yang mirip hantu samudra, menghela dua pejantan yang lebih kecil sewaktu ia memburu mangsanya pada kedalaman 3.000 meter. Ikan betina yang hidup sebagai inang dapat menampung tiga pejantan sebagai parasit.

Ukuran berbeda untuk ikan jantan dan ikan betina
Ukuran berbeda untuk ikan jantan dan ikan betina| Ikan sungut gada laut dalam adalah ikan terbesar di antara sebangsanya. Ikan sungut gada betina dapat mencapai panjang satu meter atau lebih dan dapat menghasilkan jutaan telur sekali berpijah. Pejantannya, yang sampai dewasa hidup sendirian, hanya 8 hingga 16 sentimeter panjangnya.

Proses terjadinya parasit seksual ikan sungut gada hantu
Proses terjadinya parasit seksual ikan sungut gada hantu- Sebelum metamorfosis, tiap ikan jantan maupun betina panjangnya 4 milimeter. Di atas mata ikan betina perlahan-lahan mulai terbentuk kail.

Setelah ikan dewasa, organ cahaya ikan betina menjadi sempurna dan pada ikan jantan tumbuh gigi.
Ikan betina dewasa berenang dengan menarik pejantan yang giginya menancap pada tubuh betina. 

Akhirnya, rahang si jantan itu akan bersatu dengan kulit si betina sehingga keduanya terikat selamanya.

Demikianlah artikel tentang Apa pengertian parasit seksual pada ikan ini, semoga bisa bermanfaat. . .
SELAMAT BELAJAR. . . . . . . .

SUMBER: BUKU BINATANG AIR HAMPARAN DUNIA ILMU-TIME LIFE

Parasit seksual ikan sungut gada hantu
Gambar tentang Apa pengertian parasit seksual pada ikan itu

loading...
Apa pengertian parasit seksual pada ikan itu? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown